Mengajak anak beribadah bisa menjadi langkah efektif untuk memperkenalkan konsep spiritualitas padanya. Tapi, meminta batita duduk manis berjam-jam sama sulitnya dengan meminta lalu lintas Jakarta tetap lancar di hari kerja, Ma.

Jadi, bagaimana caranya agar acara ibadah Anda tetap berjalan lancar?

- Latihan di rumah. Sesekali, ajaklah anak bermain ’di mesjid’, ’di gereja’, atau tempat ibadah lainnya. Biarlah anak mengatur boneka-bonekanya untuk duduk di tempat masing-masing dan buatlah permainan yang menyenangkan dan bebas dari tekanan. Cara ini pas untuk melatih anak ’duduk tenang di tempatnya’.

- Bersikap wajar. Jangan mengancam atau memarahi anak karena ia bertingkah laku sesuai usianya. Jika berbicara terlalu keras, ingatkan dengan lembut agar ia memelankan volume suaranya. Bila ia tidak juga patuh, jangan mema-rahinya, melainkan bawalah keluar ruangan. Buatlah anakmengerti bahwa rumah ibadah adalah suatu tempat dimana seseorang harus bertingkah laku secara sopan.

- Berpikir jangka panjang. Buatlah suasana di dalam rumah ibadah terasa menyenangkan bagi anak. Jangan buat terlalu banyak larangan yang justru akan membuatnya memiliki perasaan negatif terhadap kegiatan keagamaan.


sumber:parenting.co.id