Saat melihat sepatu bayi yang sangat lucu, para ibu tentu tergoda untuk membeli dan memakaikannya pada si kecil. Namun apakah sebenarnya bayi perlu memakai sepatu?

“Untuk acara tertentu, sepatu boleh dipakaikan ke bayi, tapi sebaiknya biarkan kaki bayi telanjang saja sampai dia bisa berjalan. Sepatu juga boleh dipakai jika cuaca dingin,” jelas dokter anak dan penulis buku ‘The Wonder Years’, Tanya Remer Altmann, seperti dilansir Fit Pregnancy.

Jika Anda ingin membeli sepatu, ada beberapa tips yang bisa jadi bahan pertimbangan:

1. Jangan membeli sepatu dengan sol yang keras atau kaku jika bayi Anda belum bisa berjalan setidaknya sampai usia 17 bulan. “Anak-anak yang terlambat berjalan biasanya memiliki kaki yang fleksibel. Mereka membutuhkan alas yang stabil agar mendorong diri mereka berjalan,” ujar Ronald Valmassy, DPM, seoraBagi sebagian orang komputer dan internet sudah menjadi kebutuhan setiap harinya, begitu juga anak-anak. Terlalu sering mengakses internet bagi anak jelas dapat menyebabkan efek negatif, bagaimana menghindarinya?

Jika anak Anda termasuk salah satu anak yang sering menggunakan komputer dan internet, sebaiknya mulai perhatikan jam bermainnya. Jangan sampai internet memberikan dampak buruk bagi kehidupan pendidikannya atau kehidupan sosialnya.

Seperti yang dikutip dari sheknows, ada tiga buah hal mudah yang dapat membantu anak Anda kecanduan komputer dan internet.

1. Larang saat hari sekolah.
Selalu dahulukan kegiatan sekolah dan kegiatan setelah sekolah seperti olahraga dan bermain dengan temannya. Mulailah untuk melarang anak bermain dengan internet saat hari sekolah kecuali jika ia perlu mengakses beberapa situs untuk proyek sekolah, tentu saja dengan pengawasan Anda.

2. Satu jam bermain dengan komputer atau internet = satu jam belajar
Jika anak Anda benar-benar menikmati bermain dengan komputer dan internet, tidak masalah untuk memberikannya sedikit waktu. Pastikan waktu tersebut tidak mengganggu belajar dan kegiatan di luar rumahnya.

3. Berikan contoh yang baik.
Anak-anak sering meniru perilaku orang tua mereka. Jadi jika Anda ingin si kecil mengurangi waktu onlinenya, batasi juga waktu yang Anda habiskan di depan komputer.
Sakit Saint Francis Memorial, San Francisco.