Hati merupakan organ dalam tubuh yg mempunyai tugas penting & komplek demi kelangsungan seluruh fungsi tubuh.Karena kerumitannya & banyak berurusan dengan bahan-bahan yg berpotensi merusak,seperti bahan-bahan kimia dalam darah,akibatnya hati rentan kena cedera.Tetapi secara alami,hati mempunyai kempuan melindungi diri dengan cara meregenerasi.
Secara umum terdapat beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus yang bisa menyerang hati,diantaranya adalah:
1.Hepatitis
Hepatitis/peradangan hati merupakan penyakit yg paling umum menyerang hati.Ada beberapa jenis penyakit hepatitis,yakni hepatitis A,B,C,D,E serta hepatitis autoimun yg disebabkan adanya agen yg memicu sistem kekebalan tubuh menyerang sel hati.
Hampir semua penderita hepatitis A yg sebelumnya sehat akan sembuh & tidak berkembang menjadi kronis.Sekitar 90 % pengidap hepatitis B juga akan sembuh.Sedangkan hepatitis C & stetohepatitis non alkoholik seringnya berkembang menjadi hepatitis kronik.
2. Hemokromaatosis
Penyakit ini disebabkan kelainan genetik yg menyebabkan usus menyerap terlalu banyak zat besi sehingga kadarnya berlebihan.Kelebihan zat besi ini akan masuk ke aliran darah & menumpuk pada organ tertentu,terutama hati.
3. Siriosis
Siriosis ditandai dengan terjadinya kerusakan hati yg progesif & tidak bisa diperbaiki.Sering diakibatkan oleh infeksi,hepatitis B & C menahun, penggunaan alkohol berlebihan / penyakit autoimun.
4.Kanker Hati
Biasanya kanker hati berasal dari bagian lain tubuh kemudian menyebar ke hati.Hati cukup rentan terhadap serangan sel kanker.
5. Abses Hati
Abses cairan / nanah yg memenuhi rongga,kadang terbentuk dalam hati akibat infeksi bakteri / parasit. Jika disebabkan bakteri biasanya langsung diikuti demam yg menggigil.Sedangkan abses karena parasit berkembang lebih lambat.Penyakit ini di identifikasi dengan pemeriksaan CT scan / USG pada hati.
6. Gangguan Bawaan Pada Hati
Ada beberapa kelainan hati yang diwariskan & biasanya sudah terlihat ketika masa kanak-kanak.

Demikian artikel ini saya tulis semoga dapat menambah pengetahuan para bunda2 yg ada di IB ini.