Masa tiga bulan pertama kelahiran bayi merupakan masa-masa menakjubkan bagi anda dan bayi anda. Anda akan takjub menemukan betapa banyak kemampuan yang ia kuasai dalam waktu singkat tersebut. Tidak salah jika anda menyebut momen tersebut sebagai "magic moment" dalam hidup anda sebagai orangtua. Apasaja ya kemampuan ajaib yang dilakukan si kecil di usia ini, yuks kita lihat.

Mengangkat kepala
Di bulan pertama usia kelahirannya, kekuatan leher bayi anda akan berkembang pesat. Di usia ini biasanya bayi anda sudah bisa mengangkat kepala saat anda tidurkan dalam posisi tengkurap. Di akhir bulan pertama otot-otot bayi anda akan berkembang dengan pesat, sehingga memberinya kekuatan untuk mengontrol gerakan kepalanya.

Di usia dua bulan, ia sudah memiliki kemampuan untuk mengangkat kepala dan dadanya saat tengkurap dan menahan posisi tersebut untuk waktu yang cukup lama. Saat anda menggendongnya dipundak anda, kepalanya sudah bisa ditegakkan, meski masih membutuhkan penyangga dari anda.

Menjelang usia empat bulan ia sudah bisa menahan kepala dan dadanya, serta menyangga berat tubuhnya dengan kedua lengan.

Berguling
Memasuki usia 3 bulan, bayi anda sudah mulai bisa menopang berat tubuhnya dengan lengan. Di usia empat bulan tangannya sudah bisa dipakai untuk menopang tubuhnya saat ia berada dalam posisi berdiri.

Berguling adalah kemampuan motorik lainnya yang akan ia tunjukkan di usia ini. Biasanya dimulai saat ia memasuki usia empat bulan, bahkan bukan tak mungkin ia akan memulainya lebih awal

Bantulah bayi anda mempersiapkan diri untuk melatih kemampuan bergulingnya dengan melatihnya tummy time sesering mungkin. Anda bisa membantunya dengan menempatkan lengan bayi anda didepan kepalanya hingga ia bisa gunakan sebagai penopang saat mengangkat kepala dan berguling.
Menggenggam
Saat baru lahir bayi anda memiliki reflek menggenggam yang kuat, ia akan segera menggenggam apapun yang menyentuh telapak tanggannya. Memasuki usia dua bulan, ia akan mulai membuka telapak tangannya, dan mulai memasukan apapun kedalam mulutnya. Di usia ini ia juga sudah mulai belajar untuk meraih apapun yang ada didepannya dengan tanggannya dan menggenggamnya.

Tersenyum pada anda
Bayi anda mulai bisa tersenyum bakan sebelum ia berusia 2 bulan. Biasanya ia tersenyum saat tidur atau saat merespon hal-hal asing yang ditemuinya. Saat memasuki usia 2 bulan barulah ia akan mulai tersenyum pada anda. Ia akan tersenyum saat melihat anda atau saat anda memberikan senyuman dan menyapanya.

Memasuki usia tiga bulan, bayi anda akan mulai mengeluarkan suara teriakan kecilnya bahkan mulai mengeluarkan giggle. Ia akan mulai tertawa saat berusia 5 bulan atau 6 bulan.

Bisa menikmati setiap "magic moment" bayi anda adalah anugerah terindah bagi seorang ibu. Meskipun singkat, namun masa ini tidak akan anda lupakan.

Kafebalita.com