Susah membuat si Kecil membaca? Berikut ini beberapa tips yang dapat membuat si Kecil gemar membaca.
Arahkan Si Kecil kepada hal-hal atau barang-barang yang dapat membuat si Kecil tertarik untuk membaca. Perhatikan kegemaran dan hobi si Kecil.
Taruh barang-barang di rumah Anda yang berhubungan dengan media membaca seperti buku, majalah, dan katalog berwarna-warni.
Perhatikan apa saja yang membuat Si Kecil tertarik, seperti ketertarikan terhadap objek-objek tertentu (foto, gambar, dsb).
Anda bisa memberikan contoh si Kecil dengan membaca dalam mengisi waktu luang Anda.
Ajak Si kecil pergi ke Perpustakaan secara rutin, jelajahi bagian anak-anak bersama.
Anda bisa mengemas kegiatan membaca sebagai salah satu kegiatan yang mempunyai tujuan, atau sebagai cara untuk mengumpulkan informasi seperti membuat pesawat kertas, merencanakan liburan, dan sebagainya.
Latih anak tertua Anda untuk membacakan cerita ataupun buku ke adik-adiknya. Hal ini bisa memberikan contoh yang baik bagi si Kecil agar tergerak untuk membaca dan melatih daya membacanya.
Mainkan permainan yang berhubungan dengan membaca, seperti permainan mengeja kata dengan menggunakan alat bantu seperti dadu bertulis, kartu-kartu bergambar dan bertulis, puzzle, atau papan permainan yang mengharuskan pemain terutama si Kecil untuk membaca dalam mengikuti permainan.
Bagi pengalaman-pengalaman membaca Anda di saat makan malam, atau saat-saat informal lainnya, hal ini dapat mendorong si Kecil dalam menumbuhkan minat membacanya.
Atur waktu secara rutin untuk membiasakan membaca sehari-harinya, seperti 20 menit sebelum tidur, setelah makan malam, dsb. Paling tidak 10 menit membaca dalam sehari dapat meningkatkan kemampuan dan kebiasaan membaca si Kecil.
Bacakan cerita atau buku untuk si Kecil dengan lantang dan keras, khususnya untuk anak-anak yang kemampuan membacanya kurang. Dengan mendengarkan Anda membacakan cerita, hal ini bisa membangkitkan antusias si Kecil kepada buku dan membaca.
Arahkan anak Anda untuk membaca dengan keras/lantang, bagian yang menarik dalam sebuah buku, atau berita menarik yang ada di koran, dsb.
Berikan hadiah berupa buku atau majalah pada hari raya atau hari spesial tertentu, contoh nya pada saat Natal, ulang tahun, dsb.
Sediakan tempat khusus untuk si Kecil menaruh buku-bukunya. Anda bisa membuat atau membelikan rak khusus buku yang bisa menampung buku-bukunya dalam satu tempat.
Perkenalkan Si Kecil dengan pembatas halaman buku (bookmark), beri pengertian bahwa jika membaca buku tidak harus selesai dalam satu saat, ajarkan untuk membaca perchapter dan memberikan bookmark setiap selesai membaca. Jangan paksa si Kecil untuk menyelesaikan buku yang dibaca dalam satu saat, apalagi jika ia tidak menyukai bukunya. Sarankan untuk menaruh buku yang tidak disukai dan membaca buku yang lain.
Sebagian anak-anak (terkadang orang tua) menganggap bahwa membaca buku sebagai aktifitas yang serius, namun Anda bisa mengubah pandangan tersebut dengan memperkenalkan si Kecil buku-buku yang berisikan cerita-cerita lucu yang bisa membuat si Kecil senang dan tertawa.
Perluaslah pengalaman positif membaca si Kecil. Misalnya jika sikecil sedang senang membaca buku tentang dinosaurus, ajaklah dia mengunjungi museum dinosaurus dan sebagainya.
Imingi sikecil dengan reward jika mereka mau membaca, paling tidak jika mereka bisa menyelesaikan satu chapter topik dalam waktu tertentu.
Batasi waktu nonton Tv sikecil, agar mereka punya waktu untuk melakukan aktifitas lain seperti membaca. Namun jangan jadikan nonton TV sebagai hadiah atau hukuman jika mereka mau atau tidak membaca.
Tidak semua aktifitas membaca itu melibatkan buku. Menu restoran, tanda rambu-rambu jalan, label makanan, cover CD, atau apapun yang ada disekitar kita dapat dijadikan media sikecil melatih membaca meski ditengah-tengah kesibukan mereka sekalipun.

Kafebalita.com