Tidak hanya bagi perkembangan kognitif anak, musik juga memiliki manfaat kesehatan lain. Menurut pendapat para ahli terapi, nada tertentu, ritme, dan getaran suara bisa membantu proses penyembuhan dan masalah tingkah laku anak. Anda bisa mencoba ini di rumah:

Nyanyian Nina Bobo
Mendengar lagu pengantar tidur 2 x 20 menit sehari bisa memperlambat detak jantung bayi prematur. Artinya, oksigen yang masuk ke tubuh akan meningkat dan darah mengalir lebih baik.

Bayi dengan kolik (masalah gangguan perut) atau sedang tumbuh gigi juga dapat ditenangkan dengan melodi menenangkan dan ritme tetap. Namun, yang lebih penting lagi, suara orang tua anak sendirilah yang paling ampuh menenangkan si kecil.

Asyiknya Musik klasik
Dengan mendengarkan musik klasik selama 40 menit sebanyak 3 x seminggu, anak ADHD usia 7 – 17 tahun akan lebih fokus melakukan sesuatu. Mereka yang tidak mengalami ADHD pun cenderung lebih tenang bila mendengar lagu klasik. Selain itu, mereka yang sulit mengikuti petunjuk juga lebih mudah mengerti bila mendapat arahan dalam bentuk lagu. Hal ini karena ritme dalam lagu dicerna berbeda oleh otak. Anak pun akan lebih mudah memperhatikan dan mengerti maksud yang disampaikan.