Share Like
Simpan

Senang ya Bu, memperhatikan si Kecil yang sedang seru bermain boneka, mobil-mobilan, dan berbagai mainan lainnya. Namun, tentu ada kalanya ketika si Kecil terlihat bosan dengan mainan yang dimilikinya. Nah, daripada mengeluarkan uang untuk membeli mainan baru, kenapa kita tidak membuatnya sendiri?

Mainannya sih tidak perlu yang canggih. Yang penting, saat membuatnya kita bisa mengikutsertakan si Kecil. Misalnya membuat gambar-gambar kesukaannya menjadi puzzle. Penasaran? Lihat yuk caranya membuat puzzle seru bersama si Kecil!

Alat yang dibutuhkan:

  • Berbagai gambar yang disukai si Kecil. Bisa diambil dari majalah, buku cerita bekas, sampul komik, atau bahkan lukisan hasil karya si Kecil sendiri.
  • Karton tebal ukuran A4
  • Gunting dan Cutter
  • Lem perekat

 

Cara membuat:

  1. Ajak si Kecil memilih gambar yang akan digunakan sebagai puzzle. Pastikan gambarnya tidak lebih besar dari ukuran A4 ya Bu.
  2. Olesi satu sisi karton dengan lem perekat secara merata.
  3. Tempel perlahan gambar yang sudah dipilih pada karton, dan usahakan gambar bisa melekat dengan rata.
  4. Diamkan selama 10-15 menit hingga lem mengering.
  5. Buat pola puzzle sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan. Tingkat sederhana 4-5 potong dan tingkat sulit hingga 10-15 potong.
  6. Kita bisa mengajak serta si Kecil untuk menggunting sendiri pola puzzle yang diinginkan. Jika Ibu khawatir terhadap benda tajam, biarkan si Kecil menggambar sendiri polanya, dan ketika sudah selesai, Ibu bisa bantu mengguntingkan.
  7. Jika sudah selesai, kini puzzle pun siap dimainkan!

Mudah kan Bu? Ternyata membuat mainan seru tidak perlu biaya mahal ya Bu? Selamat berkreasi bersama si Kecil!