Share Like
Simpan

Kejutan apa yang Ibu dapat dari proses tumbuh kembang balita selama ini? Memasuki usia tumbuh kembang balita, si Kecil akan mengalami banyak perubahan mulai dari fisik, cara berpikir, emosi dan kemampuan sosialnya. Nah, kemampuan sosial inilah yang perlu mendapatkan perhatian lebih karena tak bisa dikembangkan secara instan.

Salah satu masalah yang sering ditemui Ibu pada masa tumbuh kembang balita adalah keengganan si Kecil untuk berbagi dengan temannya. Untuk mengatasi hal ini, Ibu perlu memberikan perhatian lebih pada masa tumbuh kembang balita dengan mengajarkannya bernegosiasi dan berempati pada sesama. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghadapi si Kecil yang enggan berbagi:

  1. Ajarkan Lewat Pemberian Contoh

    Umumnya, proses tumbuh kembang balita dimulai dari belajar meniru orang-orang di sekitarnya. Nah, hal ini dapat Ibu manfaatkan untuk mengajarinya berbagi. Ibu dapat menggunakan setiap kesempatan yang ada untuk menunjukkan perilaku berbagi kepada si Kecil, seperti mengajaknya memberikan kue pada tetangga atau menyisihkan pakaian yang sudah kekecilan untuk disumbangkan.

  2. Ajak Bergiliran

    Bila si Kecil belum mau berbagi dengan temannya, jangan dipaksa! Sesuatu yang bertentangan dengan kehendak nuraninya justru bisa membuatnya menjadi pemarah. Untuk mengatasi hal ini, ajaklah si Kecil mengenal permainan yang mengharuskannya untuk bergiliran seperti monopoli. Dengan cara yang menyenangkan, ia akan belajar menghargai dan memberikan kesempatan pada orang lain.

  3. Simpan Mainan yang Tidak Dipinjamkan

    Di masa tumbuh kembang balita, secara perlahan Ibu harus mengajarkan ketegasan pada si Kecil. Misalnya, saat ia tak mau meminjamkan mobil-mobilan pada temannya, maka mintalah mainan tersebut dan simpan. Jelaskan pada si Kecil jika tidak mau mobil-mobilannya disimpan, berarti ia harus memperbolehkan temannya untuk bermain bersama.

  4. Alihkan Perhatian dengan Mainan Sejenis atau Mainan yang Lain

    Jika si Kecil sudah mau berbagi dan bermain dengan tenang, justru terkadang gangguan datang dari anak lain yang ingin merebut mainannya. Untuk mencegah pertengkaran, cobalah mengeluarkan mainan lain yang sejenis dan katakan pada si Kecil serta temannya untuk bermain bergantian menggunakan mainan yang ada.

Itulah beberapa cara untuk mengajarkan si Kecil berbagi pada masa tumbuh kembang balita. Jika ia sudah mau berbagi dengan temannya atau orang lain, jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepadanya berupa pujian. Selain itu, Ibu dapat mengatakan kepadanya jika berbagi itu menyenangkan sehingga si Kecil akan mau melakukannya lagi keesokan harinya. Salam untuk si Kecil ya, Bu!