Share Like
Simpan

Senangnya ya, Bu! si Kecil sudah begitu lincah saat bermain bersama Ibu di usia ke-4 tahun ini. Tak terasa, ia sekarang sudah tumbuh jadi anak yang penuh semangat. Perkembangannya ini tidak hanya bisa kita temukan pada fisiknya saja, lho. Sekarang, kemampuan berpikirnya juga semakin meningkat. Bahkan, ia mungkin sudah bisa mengelompokkan orang-orang yang dikenalnya. Sebagai contoh, saat Ibu menyebut nama teman-teman dan guru TK-nya, ia sudah tahu kalau itu adalah lingkungan sekolahnya. Begitu juga kalau Ibu menyebutkan nama saudara sepupu atau Kakeknya, ia mungkin langsung menjawab “Keluarga!” dengan ceria.

Yuk Bu, hari ini mari bantu si Kecil mengasah pengetahuannya itu dengan menggambar bersama. Ayo, siapkan perlengkapan di bawah ini:


Alat-alat:

- Kertas gambar berukuran A4

- Alat gambar (krayon atau pensil warna)


Cara bermain:

1. Minta si Kecil untuk memilih anggota keluarga yang akan ia gambar. Setelah itu biarkan ia menggambar berdasarkan imajinasinya.

2. Sambil menggambar, ajak si Kecil untuk bercerita tentang anggota keluarga yang sedang digambarnya. Bu, siap-siap mendengar jawaban si Kecil yang menggemaskan itu, ya. 

3. Bagaimana gambar si Kecil, Bu? Bagus kan! Setelah selesai menggambar, minta ia untuk memberikan gambar tersebut kepada anggota keluarga yang dimaksud atau ajak si Kecil untuk memasang gambarnya pada sebuah bingkai foto agar Ibu bisa memajang karya tersebut. 

Jika sudah, lanjutkan aktivitas ini dengan mengajaknya menggambar tentang lingkungan sosial yang lain selain keluarganya, misalnya lingkungan sekolah atau teman-teman bermainnya. Ia tentu bersemangat sekali ya, Bu saat menceritakan aktivitasnya bersama teman dan guru di sana.  

Si Kecil sudah selesai menggambar, Bu? Wah, bagus ya gambarnya! Tidak hanya menyenangkan, aktivitas ini juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan berpikirnya. Lewat menggambar, Ibu bisa ikut mengenalkan si Kecil tentang lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Ini karena dengan mengajaknya mengelompokkan  orang-orang yang dikenalnya, si Kecil pun bisa belajar tentang perbedaan lingkungan bermainnya. Hal ini berguna untuk melatih kemampuan kognitif serta daya ingatnya terhadap orang-orang di sekitarnya. Selain itu, ia juga mendapat kesempatan untuk mengungkapkan perasaan dan pendapatnya mengenai tokoh yang digambarnya. Misalnya, lewat aktivitas ini, si Kecil bisa menjelaskan kalau keluarga itu berhubungan dengan kasih sayang, sementara TK adalah tempat ia bisa bermain dan belajar. Selain itu, aktivitas menggambar ini juga memberikan kesempatan baginya untuk belajar membuat gambar manusia serta anatomi tubuh sederhana. Di saat yang sama, ia juga mengembangkan kemampuan koordinasi mata-tangannya, Bu.

Bu, jangan lupa. Supaya si Kecil semakin bersemangat dalam bermain dan menggambar, pastikan ia sudah mendapat asupan nutrisi yang cukup dari menu makanannya sehari-hari, ya. Namun, tetap awasi juga makanannya saat ini. Di usianya sekarang, Ibu sebaiknya menghindari makanan yang bentuknya kecil seperti permen atau popcorn. Sebagai gantinya, yuk hidangkan makanan kecil yang lezat, bergizi, dan mudah dikunyah olehnya, seperti potongan buah-buahan, sosis, dll. 

Agar asupan nutrisinya semakin lengkap dan pertumbuhannya tetap optimal, jangan lupa untuk memberikannya susu pertumbuhan Frisian Flag Karya sebanyak 3 kali sehari. Kandungan vitamin D, Selenium, Seng, Inulin, Kaslium, Fosfor, vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam susu ini dapat membantu si Kecil melengkapi kebutuhan nutrisinya di tahap tumbuh kembangnya saat ini.

Selamat berkarya dengan si Kecil!