Share Like
Simpan

Wah! Setelah memasuki usia 2 tahun, si Kecil semakin menunjukkan perkembangan yang begitu pesat ya, Bu. Ia semakin sering meniru ucapan Ibu dan bahkan menyebutkan nama objek yang ia lihat. Nah, melihat perkembangannya tersebut, inilah saat yang tepat bagi si Kecil untuk mulai berkenalan lebih jauh dengan anggota keluarganya yang lain.

Saat ini, bermain dapat menjadi aktivitas belajar yang menarik serta menyenangkan baginya. Jadi, cobalah luangkan waktu bersamanya dan anggota keluarga lain untuk memperdalam pengetahuannya mengenai anggota keluarga. Salah satu permainan yang bisa Ibu coba adalah bermain Tunjuk Anggota Keluarga. Yuk, ajak anggota keluarga berkumpul untuk mulai bermain:

Pemain:

Seluruh anggota keluarga (Ayah, Ibu, dan Kakak).


Cara Bermain:

Apakah seluruh anggota keluarga sudah berkumpul? Jika sudah, Ibu bisa memulai permainan ini dengan mengajak anggota keluarga untuk duduk bersama di ruang tamu. Setelah itu, coba minta si Kecil untuk menunjuk salah satu anggota keluarga dengan menyebutkan namanya. Misalnya, Ibu bisa memulainya dengan meminta ia menunjuk Ayah sambil menyebutkan "Ayah". Lalu, minta anggota keluarga untuk bertukar tempat duduk dan ajak si Kecil untuk menunjuk anggota keluarga yang lain. Jika ia sudah bisa menunjuk serta menyebutkan nama anggota keluarga dengan tepat, Ibu bisa mencoba mengulang permainan ini sebanyak 2-3 kali untuk melatih daya ingat si Kecil.

Bagaimana, Bu? Si Kecil pasti menikmati aktivitas ini, ya. Nah, ketika sedang bermain dengan si Kecil, ada baiknya jika Ibu juga memperkenalkan ia kepada anggota keluarga dengan variasi umur yang berbeda-beda. Jika memungkinkan, Ibu bisa mengajak anggota keluarga lainnya seperti Kakek atau Nenek ketika bermain. 

Jika diperhatikan lagi, permainan tersebut mungkin terlihat sederhana ya, Bu. Terutama bagi orang dewasa. Namun, menstimulasinya secara rutin dengan permainan seperti ini dapat mengembangkan kemampuan kognitif si Kecil. Selain itu, Ibu juga sekaligus membantunya dalam menghafal anggota keluarganya melalui wajah dan nama. Hal ini bertujuan untuk memberikannya rasa nyaman ketika berada di sekitar orang-orang dengan usia yang berbeda-beda. Dengan begitu, ia tidak akan menolak atau merasa takut ketika harus berhadapan dengan anggota keluarga lain. Selain itu, dengan melatihnya sejak dini, Ibu juga membangun rasa percaya dirinya ketika harus bertemu dengan orang baru, lho. 

Pertumbuhan fisik serta mentalnya yang sedang berlangsung dengan pesat ini membutuhkan asupan gizi serta nutrisi  yang lengkap dan seimbang. Oleh karena itu, di sela-sela menu makanan sehari-harinya, berikan ia susu pertumbuhan Frisian Flag Jelajah setiap hari. Kandungan nutrisi seperti protein, zat besi, iodin, selenium, seng, vitamin A, C, dan E, serta inulin pada susu Frisian Flag Jelajah dapat ikut membantu pertumbuhannya agar semakin optimal sehingga ia tumbuh menjadi anak yang kuat dan juga sehat.