Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabar si Kecil? Semoga tetap sehat ya. Di usianya yang menginjak usia pra-sekolah (4-6 tahun), aktivitas yang dapat dilakukan olehnya juga bertambah. Layaknya orang dewasa, aktivitas yang bertambah juga dapat mempengaruhi suasana hati si Kecil.. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengajaknya melakukan aktivitas yang dapat membuat suasana hati si Kecil tetap senang di proses tumbuh kembang balita ini.

Bermain merupakan proses yang menyenangkan serta bermanfaat bagi tumbuh kembang balita. Terutama karena aktivitas ini juga menjadi sarana berolahraga bagi si Kecil. Namun, tak hanya bermain, untuk mendukung pertumbuhannya, Ibu juga bisa mengajak si Kecil berlatih yoga, lho. Tidak seperti gerakan yoga pada orang dewasa, gerakan yoga untuknya memiliki gerakan yang lebih mudah. Berikut adalah beberapa gerakan yoga yang dapat diikuti oleh si Kecil:

Pose Matahari Timbul & Tenggelam

1. Berdiri tegak. Tarik napas yang dalam sebanyak 3 sampai 5 kali sambil mengangkat tangan hingga ke atas kepala. 

2. Rapatkan paha dan kaki lalu secara perlahan bungkukkan badan hingga tangan menyentuh tanah setelah itu secara perlahan kembali ke posisi semula. 



Pose Pohon (Tree)

1. Berdiri tegak. Temukan titik fokus di depannya untuk menjaganya tetap stabil.

2. Angkat kaki kanan dengan menekuk lutut dan letakkan kaki di atas (atau di bawah) lutut. Rapatkan tangan di atas kepala. Tarik napas yang dalam lalu hembuskan.

 


Pose Kupu-Kupu (Butterfly)

1. Duduklah di lantai dengan tegak dan rapatkan kedua telapak kaki. Tahan kaki menggunakan tangan hingga lutut mengenai permukaan lantai. Jangan dipaksakan apabila si Kecil tidak dapat menaruh lututnya hingga menyentuh lantai ya, Bu . 

2. Gerakkan kaki seperti kepakan sayap kupu-kupu secara perlahan. Taruh kedua tangan di kepala seperti antena .

 


Mudah kan, Bu? Si Kecil bisa melakukan gerakan ini sambil meniru gerakan Ibu. Walaupun terlihat mudah, namun yoga memiliki manfaat yang cukup besar juga bagi tumbuh kembang balita. Dengan melakukan yoga, ia dapat berlatih pernapasan, konsentrasi, serta cara bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya. Apa saja manfaat yang didapat dengan melakukan yoga? Berikut adalah manfaat bagi si Kecil:

Menjaga Kebugaran Tubuh

Gerakan yoga dapat melatih kelenturan serta kekuatan pada otot si Kecil. Selain itu rutin melakukan yoga juga dapat memperbaiki proses pencernaan dan membuat tidurnya lebih nyenyak.

Mengurangi Stress

Yoga bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh serta mental. Rutin melakukan yoga dapat membuath pikiran si Kecil menjadi lebih tenang dan bebas stress. Yoga juga dapat mengembangkan kemampuan berimajinasinya serta kreativitasnya.

Melatih Fokus dan Konsentrasi

Gerakan yoga yang dilakukan oleh si Kecil menuntutnya untuk lebih fokus pada gerakan-gerakannya. Melalui gerakan yoga, ia dapat melatih dirinya menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi saat beraktivitas.

Selamat mencoba, Bu!