Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu, ya. Perkenalkan, nama saya adalah Ema Sarema, atau yang sering dipanggil Neng E’em. Neng adalah salah satu dari 4 Ibu-Ibu Wow di serial video YouTube Ibu dan Balita :).

Di video Neng tersebut, suasana hati atau mood Neng terlihat naik-turun ya, Bu. Di sini, Neng mau berbagi tips untuk mengontrol perubahan suasana hati saat hamil. Memang, kondisi ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Namun, sebagai Ibu Wow, kita harus tetap bisa mengendalikan perubahan suasana hati ini, agar kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga dengan baik. Nah, untuk Ibu yang sedang mengalami kondisi seperti ini, yuk atuh simak tips ala Neng berikut ini:

1. Lakukan sesuatu yang Ibu suka

Ketika suasana hati Neng sedang kurang baik, biasanya Neng mencoba meredakannya dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti menonton film atau bertemu teman-teman. Melakukan sesuatu yang Ibu suka, dapat mengembalikan perasaan senang sehingga mood yang sedang buruk bisa kembali membaik. Aktivitas seperti ini juga sering Neng lakukan bersama suami kalau Aa (nama panggilan suami Neng) sedang nggak sibuk. Alhasil, Neng jadi merasa lebih nyaman menjalani masa kehamilan dan hubungan dengan Aa jadi lebih erat.

2. Olahraga dengan teratur

Tips ala Neng yang selanjutnya adalah olahraga ringan secara teratur untuk memperlancar aliran darah dan menurunkan kadar stres. Itu sebabnya, Neng sering berjalan kaki di daerah sekitar rumah, Bu. Nggak hanya itu, Ibu juga bisa melakukan yoga setiap hari selama beberapa menit supaya pikiran jadi lebih tenang dan mood jadi kembali baik.

3. Tidur siang

Saat hamil, Ibu perlu tidur siang selama 30 - 60 menit setiap hari, supaya rasa pegal dan nyeri yang dialami teh berkurang, sekaligus menjaga tubuh tetap segar. Kondisi fisik Ibu yang prima, bisa berpengaruh pada suasana hati Ibu saat menjalani kehamilan, lho.

4. Jalin komunikasi dengan orang-orang tersayang

Nah, tips yang satu ini, menurut Neng teh, kunci utama untuk membuat ibu hamil lebih nyaman dan suasana hatinya tetap terjaga. Berdasarkan pengalaman Neng, menjalin komunikasi dengan orang tersayang, terutama suami mah bisa membuat mereka lebih paham kondisi dan keinginan ibu yang sedang hamil. Suami dan orang di sekitar jadi tahu apa saja yang harus dilakukan untuk membuat seorang ibu hamil merasa lebih tenang dan juga nyaman selama menjalani masa kehamilan yang penuh tantangan.

Dulu, ada saatnya Neng teh jadi sensitif pisan dengan kejadian-kejadian yang sepele. Misalnya, Neng tiba-tiba jadi sedih dan marah cuma karena Aa mengirimkan pesan akan pulang telat karena lembur. Akhirnya, supaya nggak berlarut dalam perasaan negatif, Neng putuskan untuk menelepon dan mengobrol dengan suami supaya Neng bisa lebih tenang. Untung ada bonus e-voucher pulsa HP dari Frisian Flag Mama, komunikasi Neng dan Aa lancar selalu tiada terputus :).

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Saat suasana hati lagi nggak karuan, biasanya ibu hamil ingin mengonsumsi camilan manis seperti cokelat supaya suasana hati kembali normal. Nah, kebiasaan seperti itu ternyata justru bisa membuat kadar gula tubuh meningkat dan membuat perubahan mood jadi semakin tidak stabil, Bu. Daripada memilih camilan manis, Neng mah berusaha untuk tetap menjaga pola makan dengan menu bergizi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Yuk atuh, kita biasakan mengonsumsi makanan kaya akan Asam Folat, Protein, serta Vitamin D untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menjadikan suasana hati kembali baik.

Selain mengendalikan perubahan mood dengan aktivitas menarik dan makanan bergizi, Ibu teh juga perlu melengkapi kebutuhan nutrisi selama hamil dengan mengonsumsi satu gelas susu Frisian Flag Mama rasa cokelat setiap hari. Rasa cokelatnya meni lezat pisan, dan dapat membuat suasana hati jadi lebih nyaman sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan juga menyusui.

Tak hanya memberikan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, kelebihan lain dari Frisian Flag Mama adalah bonus poin reward-nya yang bisa ditukarkan dengan macam-macam hadiah, termasuk pulsa HP. Untuk kita-kita yang sedang hamil dan menyusui, senang sekali kan bisa terus berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, jadi kita tidak merasa sendirian.

Cara tukar poin susu Frisian Flag-nya teh meni gampang, Bu. Ibu hanya perlu mengirimkan SMS dari nomor handphone yang terdaftar pada situs ibudanbalita.com dengan mencantumkan kode hadiah. Wah, berkat program poin dari Frisian Flag Mama, Neng bisa cari pulsa tanpa drama dan komunikasi dengan suami juga tak terputus.

Itulah tadi beberapa tips mengendalikan perubahan mood ala Neng. Semoga bermanfaat ya, Bu. Selamat mencoba!