Share Like
Simpan

Bu, sudahkah si Kecil mendapatkan imunisasi? Suntik imunisasi merupakan salah satu cara untuk melindungi bayi dan balita dari ancaman penyakit, yang diberikan secara bertahap sejak lahir, hingga memasuki usia anak-anak. Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan kesehatan anak serta menekan angka kematian pada bayi dan balita.

Imunisasi memang merupakan hal yang wajib dilakukan pada si Kecil, tetapi ternyata ada beberapa kondisi yang membuat Ibu harus menunda hal ini, yaitu:

  1. Mengalami Demam Tinggi
    Jika si Kecil mengalami demam tinggi hingga di atas 38,5 derajat Celcius, maka Ibu perlu menunda imunisasi, karena jika tetap dilakukan, bisa memperparah keadaannya. Segera bawa si Kecil ke dokter untuk menurunkan demamnya dan mendapatkan informasi jelas mengenai penyebab gangguan kesehatan tersebut. Dengan rekomendasi dokter pula, tentukan jadwal pengganti untuk melakukan imunisasi pada si Kecil tersayang.
  2. Menderita Asma dan Gangguan pada Paru-paru
    Apabila si Kecil mengalami asma atau gangguan pada paru-paru, maka Ibu perlu menunda pemberian imunisasi vaksin flu nasal. Sebab, vaksin ini mengandung virus hidup yang dapat memicu timbulnya asma. Akan jauh lebih aman apabila si Kecil mendapatkan imunisasi suntikan yang mengandung virus mati dan tak berbahaya untuk kondisi kesehatannya. Akan tetapi, sebelum mengambil keputusan terkait imunisasi si Kecil jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan dokter ya, Bu!
  3. Mengalami Reaksi Terhadap Pemberian Vaksin Sebelumnya
    Jika pada imunisasi sebelumnya si Kecil mengalami reaksi yang cukup parah, maka untuk yang berikutnya Ibu bisa menundanya dahulu. Reaksi yang cukup parah ini biasanya ditandai dengan gangguan pernapasan, penurunan tekanan darah, gatal-gatal, sakit kepala, dan juga demam tinggi. Apabila si Kecil mengalami gejala seperti ini, Ibu perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk memutuskan kapan si Kecil bisa menerima imunisasi yang berikutnya.

Selain itu, agar Ibu lebih tenang mengajak si Kecil untuk diimunisasi, baiknya Ibu mengenal terlebih dahulu jenis dan kegunaan setiap jenisnya. Ibu juga perlu lho, memahami efek samping yang mungkin akan ditimbulkan. Selain bisa membacanya dari buku dan internet, informasi ini dapat diperoleh melalui posyandu atau dengan menanyakan langsung kepada dokter. Semoga si Kecil sehat terus ya, Bu!