Share Like
Simpan

Sebagian Ibu pasti pernah merasa cemas dan bingung ketika sang buah hati yang masih bayi menangis. Biasanya, ini terjadi untuk bayi yang baru berusia beberapa hari. Terlebih lagi tangisan bayi memang tidak kenal waktu. Bisa pagi buta atau tengah malam, sehingga selain kasihan pada si bayi, juga tidak enak menganggu anggota keluarga yang tinggal serumah, sehingga Ibu pun bisa menjadi frustrasi.

Lalu, bagaimana caranya menenangkan anak bayi yang sedang menangis? Ibu bisa melakukan beberapa teknik menenangkan tangisan bayi sebagai berikut.

• Menyelimuti atau membedong
Menyelimuti atau membedong bisa Ibu lakukan pada bayi yang menangis. Terutama untuk bayi yang baru lahir , biasanya merasa nyaman dalam suhu hangat dan membuat ia aman sama seperti berada dalam rahim. Oleh karena itu, yang bisa Ibu lakukan adalah membedongnya dengan kain yang hangat dan bersih. Ini akan membuat bayi menjadi tenang.

• Menggendong sambil diayun-ayun
Menggendong bayi dalam dekapan akan membuat bayi merasa nyaman, dan tenang. Usahakan perut bayi tertumpu pada tubuh Ibu dan topanglah kepalanya. Lakukan gerakan mengayun dengan ritme teratur dan lembut, dan bisikan ke telinganya betapa sayangnya Ibu pada si Kecil atau kalimat-kalimat kasih sayang lainnya. Diayun-ayun mengingatkan bayi pada kondisi terayun-ayun di dalam rahim Ibu. Lakukan ayunan kira-kira seirama detik jam. Jangan terlalu cepat atau lambat karena hal ini bisa membuat bayi sulit rileks.

• Bawa bayi jalan-jalan
Membawa bayi (bagi yang sudah bisa melihat) berjalan-jalan ke luar rumah melihat pemandangan di sekitar lingkungan rumah, seperti bunga, hewan peliharaan, kupu-kupu dan lainnya, bisa membuat bayi menjadi tenang. Kegiatan itu pun akan membuat si kecil merasa terhibur dan bersemangat dengan melihat hal-hal indah.

• Pijat Bayi
Pijat bayi terbukti mampu membuat bayi lebih tenang. Caranya, gunakan sedikit baby lotion atau minyak bayi dengan aroma yang menenangkan seperti lavender, lalu usapkan ke punggung bayi secara lembut. Kemudian usapkan ke bagian paha, kaki, dada dan perutnya. Perhatikan reaksinya bila ia menyukainya, Ibu bisa melakukannya kembali. Namun sebaliknya, bila bayi tidak menyukai bahkan membuat dia tambah menangis, segera hentikan. Karena bisa jadi saat itu bukanlah waktu yang tepat untuk memberikan pijatan.

• Berikan ASI
Bila bayi menangis, Ibu bisa memberikan ASI meskipun dia tidak lapar, karena cara ini bisa membuat bayi menjadi lebih tenang. Bayi pasti akan senang dengan kehadiran Ibu ketika ia merasakan kulit Ibu.

• Ganti posisi
Kadang kala, yang dibutuhkan hanyalah sedikit perubahan posisi dari cara yang biasa Ibu lakukan sebelumnya. Cobalah untuk meletakkan bayi yang menangis di tempat tidur dengan posisi perut di bawah (tengkurap). Bila dia menangis karena perutnya terasa kurang nyaman, maka posisi ini akan membuatnya lebih nyaman. Lalu Ibu bisa membelai dia lembut di punggungnya. Bayi biasanya suka dibelai-belai punggungnya.