Share Like
Simpan

Tak selamanya menciptakan kamar bayi yang cantik dan nyaman memerlukan biaya yang besar. Sedikit usaha dan kreativitas Ibu juga dapat menghasilkan kamar bayi yang istimewa untuk si Kecil, lho. Sama seperti yang dilakukan teman saya dulu waktu kami baru sama-sama memiliki bayi. Saat berkunjung ke rumahnya, saya sempat mengintip kamar bayinya yang cukup inspiratif. Ia menggunakan tema petualangan rimba dengan ornamen lukisan padang rumput dan binatang yang tertata apik di seluruh penjuru kamar. 

Membuat dekorasi sendiri untuk kamar bayi dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan sembari menanti kelahiran si Kecil. Ibu pun dapat melibatkan Ayah untuk memilih tema dan benda-benda yang akan diletakkan di dalam kamar. Nah, sebelum memulai kegiatan ini, saya punya beberapa tips yang bisa Ibu pertimbangkan. Yuk, simak bersama!

  • Letak dan Ukuran Ruangan

Saat memilih ruangan untuk si Kecil, perhatikan letak jendela atau ventilasi sebelum memutuskan posisi boks bayi. Sebaiknya, hindari menaruh boks tidur yang terlalu dekat dengan jendela untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, penting untuk mengukur ruangan sebelum mulai berbelanja. Jangan sampai boks bayi yang Ibu beli ternyata terlalu besar hingga membuat ruangan jadi terasa sempit.

  • Inspirasi Ruangan

Sebagai permulaan, Ibu bisa memilih satu benda yang menjadi fokus atau sumber inspirasi untuk keseluruhan ruangan. Benda tersebut bisa berupa kain gorden, kertas dinding, furnitur, ataupun sebuah mainan. Ibu bisa lebih mudah menentukan benda-benda yang dapat melengkapi kesleuruhan dekorasi jika memiliki satu benda sebagai acuan.

  • Warna dan Ornamen

Pilihlah warna yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menenangkan. Saat ini, pertimbangkanlah pilihan warna yang bisa membuat Ibu rileks selama merawat si Kecil di dalam ruangan. Tak perlu khawatir, Ibu bisa mengganti cat kamar dengan warna favorit si Kecil ketika ia sudah lebih besar nanti, Bu. Sementara, untuk ornamen, gunakanlah imajinasi Ibu untuk membuat kamar terlihat lebih menyenangkan. Ibu bisa memilih stiker dinding ataupun melukis sendiri untuk melengkapi tampilan ruangan.

  • Keseimbangan Ruangan

Penting untuk menyeimbangkan dekorasi yang atraktif dengan kegunaan benda. Pilihlah benda-benda yang tak hanya cantik, tetapi juga praktis untuk digunakan. Sebagai contoh, Ibu bisa melengkapi ruangan dengan kursi yang nyaman untuk menyusui si Kecil. Nah, kalau Ibu ingin dekorasi ruangan tetap awet hingga si Kecil besar nanti, belilah benda-benda yang tahan lama dengan desain netral yang tak akan ketinggalan zaman.

Dalam mendekorasi kamar bayi, kadang Ibu terlalu bersemangat sampai-sampai membeli terlalu banyak benda yang tak diperlukan. Ada baiknya, susun terlebih dahulu daftar kebutuhan Ibu untuk menghindari adanya barang yang tak terpakai. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bu. Jangan ragu untuk bagikan inspirasi dekorasi kamar untuk si Kecil dengan para Ibu lain di sini!