Share Like
Simpan

Ibu, melihat si Kecil mulai lincah bergerak dan berceloteh setelah Ia melewati usia 6 bulan, pasti saat yang menyenangkan ya? Seiring dengan perkembangannya yang pesat, si Kecil pun memerlukan asupan tambahan selain ASI. Karenanya, makanan pendamping ASI (MP-ASI) bisa menjadi solusi yang tepat, Bu.

Menurut para ahli kesehatan, memberikan MP-ASI bisa menjadi sarana yang efektif untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil dan mengenalkannya cara makan yang baik. Nah, agar pemberian MP-ASI dapat berjalan sesuai tujuan, lihat yuk beberapa tips dan saran pemberian MP-ASI berikut ini!

1. Perhatikan jenis makanan.
Karena perutnya yang masih sangat sensitif, makanan yang terlalu keras bisa membuat sistem pencernaannya terganggu, bahkan terluka. Oleh karena itu, sebaiknya MP-ASI yang diberikan kepada si Kecil lebih banyak bersifat puree (bubur).

Selain karbohidrat, sayur dan buah-buahan bisa jadi alternatif yang baik. Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan, si Kecil pun dapat sejak dini diperkenalkan dengan makanan-makanan sehat. Beberapa jenis buah dan sayur yang dianjurkan adalah: bayam, tomat, pisang, pepaya dan alpukat.

2. Perkenalkan MPASI pada si Kecil secara bertahap.
Jika si Kecil terlalu dipaksa untuk mencoba MP-ASI, dikhawatirkan akan timbul trauma yang membuatnya semakin sulit untuk makan. Oleh karena itu sebaiknya MP-ASI diberikan secara perlahan dan diperkenalkan secara bertahap.

Sebagai contoh, Ibu sebaiknya memperkenalkan satu jenis makanan sampai si Kecil mengenal dengan baik. Setelah beberapa hari, baru kenalkan jenis makanan yang lain kepada si Kecil. Dengan begitu, si Kecil dapat belajar mengenali berbagai macam rasa dan tekstur secara baik, dan Ibu pun dapat mengetahui reaksi alergi yang timbul saat si Kecil mengonsumsi satu jenis makanan tertentu.

3. Buat si Kecil merasa senyaman mungkin.
Jika memungkinkan, pilihlah ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan bersuhu sejuk ketika memberikan MP-ASI. Selain itu, Ibu juga bisa biarkan si Kecil pertahankan kebiasaan yang membuat waktu makannnya lebih nyaman. Misalnya makan dengan piring kesukaan, atau sambil memegang mainan favorit. Hingga waktunya si Kecil belajar tata cara makan yang benar, kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantunya belajar makan lebih cepat.

4. Ajak si Kecil makan bersama di meja makan.
Ibu, pada saat jam makan bersama, seringkali si Kecil diberikan MP-ASI secara terpisah. Padahal, ini merupakan kesempatan yang baik untuk si Kecil belajar cara makan. Oleh karena itu Bu, alangkah baiknya jika si Kecil juga ikut didudukkan dan ikut makan bersama di meja makan.

Tidak hanya dapat mencontoh cara makan keluarga, hal ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mempererat hubungan keluarga sehingga si Kecil sekaligus dapat bersosialiasi dengan orang lain.


Nah Ibu, apakah langkah-langkah ini sudah dilakukan di rumah? Tidak sulit kan untuk pastikan MP-ASI diberikan dengan efektif. Selamat mencoba!