Share Like
Simpan

Kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi sebagian besar wanita, meski beberapa perubahan yang sedikit merepotkan juga tak bisa dielakkan. Di tengah rasa mual, pusing, dan kondisi tubuh yang mudah lelah, banyak wanita hamil yang memutuskan untuk tetap bekerja dan baru mengambil cuti saat sudah mendekati waktu persalinan. 

Jika Ibu termasuk wanita hamil yang bekerja, yuk simak 3 kiat berikut agar kesehatan tubuh dan janin terjamin dan pekerjaan tetap lancar:

1. Pastikan keamanan

Setiap wanita hamil pasti mengalami perubahan dalam tubuhnya, namun gejala yang ditimbulkan tak selalu sama. Jika Ibu merasa kondisi tubuh stabil dan tak mengalami gangguan kesehatan apapun, tetap pergi ke kantor saat mengandung tentu tak jadi masalah. Akan tetapi jika Ibu ragu dengan kondisi kehamilan, berkonsultasi dengan dokter merupakan solusi terbaik. 

Selain memastikan kondisi kesehatan, Ibu juga perlu menilai apakah lingkungan kerja cukup kondusif untuk wanita hamil. Apabila pekerjaan hanya mengharuskan Ibu untuk duduk di depan meja, tentu tak jadi persoalan. Namun, jika Ibu harus bekerja di luar ruangan atau dekat dengan mesin dan bahan kimia tertentu, pertimbangkan kembali keputusan untuk tetap bekerja selama masa kehamilan.  

2. Makan dan minum teratur

Wanita hamil membutuhkan energi 2 kali lipat dibanding orang biasa karena “membawa” janin dalam tubuhnya sehingga perlu memerhatikan pola makan sehari-hari. Ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, folat, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya sehingga ada baiknya membuat bekal makan sendiri agar dapat mengatur kandungan gizi di dalamnya.

Jika memungkinkan, Ibu bisa menyimpan kudapan berupa kue atau buah di laci meja kerja sehingga bisa memakannya saat perut lapar.  Hal yang tak kalah pentingnya, pastikan tubuh tak kekurangan cairan dengan mengonsumsi air putih dengan jumlah cukup sehingga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa lelah berlebihan. 

3. Lakukan peregangan

Wanita hamil sering mengalami pembengkakan di bagian kaki karena terlalu lama duduk, untuk itu Ibu perlu melakukan peregangan saat berada di kantor. Lakukan gerakan-gerakan sederhana dan singkat, untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah saat tubuh mulai terasa lelah.

Untuk menghindari terjadinya nyeri otot punggung, Ibu bisa bangkit dan berjalan-jalan sebentar setidaknya setiap 1 jam sekali. Selain memerhatikan kondisi fisik, perhatikan juga kondisi psikologis dengan menjaga level stres agar bisa menjalani hari-hari yang menyenangkan saat berada di kantor. 

Hal terpenting untuk wanita hamil yang tetap bekerja adalah tidak memaksakan diri melakukan sesuatu agar janin selalu dalam kondisi prima dan dapat tumbuh dengan optimal.