Share Like
Simpan

Bahagia sekali rasanya saat si Kecil lahir ke dunia ya, Bu. Tangisan pertamanya jadi salah satu momen membahagiakan yang saya rasakan sebagai ibu. Meski banyak orang yang bilang kelahiran anak pertama paling berkesan, saya justru merasakan lebih dari itu. Proses kelahiran anak kedua pun masuk ke dalam daftar hal paling membahagiakan dalam hidup saya.

Bagi saya, kehadiran si Kecil merupakan anugerah yang sangat berharga. Oleh karena itu, sebagai Ibu, saya selalu mencoba memberikan yang terbaik dan menjaga kesehatannya. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan ketika si Kecil baru lahir waktu itu adalah melakukan serangkaian tes yang disebut Tes Apgar. Tes Apgar adalah serangkaian tes kesehatan yang dilakukan sesaat setelah si Kecil lahir, Bu. Jadi, kita dapat mengetahui sejak dini jika si Kecil membutuhkan perawatan ekstra. Nah, biasanya ada lima hal yang dites untuk menilai kondisi kesehatan si kecil.

Appearance

Hal pertama yang dilihat dari kondisi si Kecil adalah penampilannya, Bu. Maksudnya, dokter dan perawat akan melihat apakah warna kulit si Kecil tampak sehat atau perlu perawatan khusus. Penampilan si Kecil dianggap sehat jika warna kulitnya tampak segar dan berwarna kemerahan. Sebaliknya, si Kecil akan mendapat perhatian lebih jika terdapat warna kulit yang pucat di beberapa bagian tubuh, seperti lengan dan kaki atau di seluruh bagian tubuhnya.

Pulse

Setelah warna kulitnya diperiksa, detak jantung si Kecil juga akan dihitung, Bu. Umumnya, detak jantung normal bagi bayi yang baru lahir adalah 100 kali per menit. Dokter akan memeriksa lebih lanjut jika detak jantung si Kecil kurang dari itu atau bahkan tidak terdengar sama sekali.

Grimace

Melihat si Kecil batuk atau bersin saja dapat menjadi salah satu pemandangan yang indah ya, Bu. Meski ini merupakan gerak refleks, hal ini juga menjadi salah satu penanda kondisi kesehatan si Kecil, lho. Tes grimace dilakukan untuk mengetahui sebaik apa gerak refleks yang dapat dilakukan si Kecil.

Activity

Sungguh menggemaskan ya, saat melihat si Kecil menggerakkan tubuhnya. Pergerakan otot tangan dan kaki ini juga menjadi salah satu hal yang dites, Bu. Ini untuk mengetahui sebaik apa aktivitas yang dapat dilakukan si Kecil sesaat setelah lahir. Pergerakan yang baik menandakan kondisi otot si Kecil dapat bekerja dengan baik.

Respiration

Salah satu hal utama yang diperiksa pada si Kecil adalah pernapasannya. Tes akan melihat sebaik apa proses pernapasan si Kecil ketika ia menangis. Jika ia dapat menangis kencang, berarti ia dapat mengambil dan menghembuskan napas dengan baik, Bu. Ini berarti proses pernapasannya setelah keluar dari rahim berjalan dengan baik.

Hasil tes masing-masing poin bernilai 2 untuk baik, 1 untuk kurang baik, dan 0 buruk. Hasil itu kamudian dijumlahkan sehingga mendapat nilai 0-10.  Dari hasil tes ini akan terlihat apakah si Kecil dinyatakan sehat atau memerlukan perawatan khusus.

Jadi, bagaimana kondisi kesehatan si Kecil, Bu? Pasti membahagiakan ya, kalau si Kecil dinyatakan sehat setelah melalui serangkaian tes tersebut. Tes ini juga sangat berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan si Kecil sejak dini ya, Bu. Ibu pun bisa memaksimalkan perawatan yang dapat dilakukan untuknya. Selamat mencoba ya, Bu!