Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu pernah menghadapi situasi saat tangisan si Kecil sulit diredakan? Saya juga pernah mengalaminya, Bu. Berbagai cara menenangkan bayi sudah saya lakukan, mulai dari memberi ASI, sampai menggendongnya terus menerus. Sayangnya, ada kalanya hal tersebut tidak berhasil. Setelah saya baca di berbagai artikel tumbuh kembang anak, masalah ini bisa diatasi dengan terapi white noise. Berikut saya kumpulkan informasinya untuk Ibu.

Apa Itu White Noise?

White noise adalah kombinasi suara dalam frekuensi yang berbeda-beda, secara terus menerus, dan berulang-ulang dalam waktu tertentu. White noise umumnya terdengar mengganggu sekaligus menenangkan karena terdengar monoton. Beberapa jenis white noise yang sering Ibu dengar di rumah adalah suara televisi atau radio saat tidak mendapat sinyal, suara kipas angin yang sedang berputar, atau suara tetesan air dari keran yang tidak tertutup sempurna.

Mengapa White Noise Dapat Menenangkan si Kecil?

Menurut artikel online yang saya baca, tangisan bayi bisa menjadi tanda bahwa si Kecil sedang stres. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal Bu, salah satunya kesulitan beradaptasi dengan cahaya dan lingkungan sekitar. Nah, white noise dipercaya bisa mengurangi tingkat stres tersebut. Hal ini dikarenakan ketika berada di dalam perut Ibu, si Kecil dikelilingi oleh cairan ketuban yang membuat suara di sekitarnya terdengar mirip white noise. Itu sebabnya, ketika mendengar white noise, si Kecil akan merasa seakan-akan berada dalam perut Ibu dan menjadi lebih tenang.

Menariknya, terapi ini juga bisa membantu si Kecil tidur lebih nyenyak, Bu. White noise yang terdengar teratur dan terkesan monoton ini justru menjadi lagu tidur bayi yang menenangkan dan membuat mengantuk.

Bagaimana Cara Melakukan Terapi White Noise?

Cara paling sederhana yang bisa Ibu lakukan adalah membuat suara “ssshh” di dekat si Kecil. Ibu bisa melakukannya sambil menimang atau memangku si Kecil. Lakukanlah secara konstan dengan suara yang datar. Selain itu, sesuaikan tinggi suara white noise dengan lingkungan di sekitarnya serta tangisan si Kecil.

Sederhana namun patut dicoba ya, Bu, cara menenangkan bayi melalui terapi white noise ini. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak itu berbeda dan memiliki cara sendiri untuk tidur dengan nyenyak. White noise mungkin ampuh untuk buah hati kesayangan saya, namun belum tentu cocok untuk si Kecil di rumah Ibu. Meski begitu, tak ada salahnya dicoba, bukan? Semoga terapi white noise bisa membantu si Kecil tidur lebih nyenyak.