Share Like
Simpan

Bulan puasa sebentar lagi tiba. Apa saja yang perlu Ibu persiapkan untuk meyambut kedatangannya bersama si Kecil?

Bagi umat Islam, bulan puasa adalah bulan yang sangat dinanti-nanti. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah, bulan untuk kembali mensucikan diri dari segala kesalahan di masa lalu. Bulan puasa juga merupakan bulan untuk mulai memperkenalkan salah satu jenis ibadah keagamaan kepada si Kecil, dan mulai melatih si Kecil untuk ikut serta berpuasa.

Merapikan dan mempercantik rumah
Ajak si Kecil untuk merapikan dan mempercantik rumah dalam rangka menyambut kehadiran bulan puasa. Bukan berarti di bulan lain rumah dibiarkan berantakan, tetapi dengan cara ini Ibu berusaha memberi pengertian dan menanamkan pada si Kecil bahwa bulan puasa adalah bulan yang istimewa, yang harus disambut secara istimewa juga. Ajak si Kecil untuk menyiapkan mushola di sudut rumah yang nanti akan digunakan untuk shalat tarawih. Siapkan mukena dan sarung/peci yang bersih, jika perlu belikan yang baru, untuk digunakan si Kecil shalat selama bulan puasa.

Menyusun menu
Ajak si Kecil untuk menyusun menu sahur dan berbuka, agar si Kecil lebih bersemangat untuk berpuasa. Si Kecil juga bisa diajak untuk ikut menyiapkan hidangan berbuka atau menyiapkan meja makan untuk berbuka.

Siapkan aktivitas kreatif
Namanya juga sedang latihan puasa, pasti ada saatnya si Kecil mengeluh lapar dan ingin berbuka. Untuk menyiasatinya, Ibu harus menyiapkan beberapa aktivitas kreatif untuk mengalihkan perhatian si Kecil sehingga keinginannya untuk berbuka akan terlupakan.

Mengajarkan amalan lain
Bulan puasa adalah bulan untuk mencari sebanyak-banyaknya pahala. Selain dengan berpuasa, ajarkan juga si Kecil untuk bersedekah dan berbagi makanan. Sesekali ajak si Kecil tarawih di mesjid, dan berikan uang untuk dimasukkan ke dalam kotak amal, atau ajak si Kecil membawa makanan ke mesjid dan berbuka bersama orang-orang di mesjid.

Ciptakan suasana yang lebih Islami
Jika biasanya di meja makan selalu ada cemilan, maka selama puasa, simpan cemilan-cemilan itu ke dalam lemari agar tidak mengganggu niat anak untuk berpuasa. Jika sebelumnya si Kecil mengisi waktunya dengan menonton film kartun, selama bulan puasa, putarkanlah film-film tentang nabi atau kisah islami lainnya, perdengarkan lagu-lagu religi, ajarkan baca Al Quran.