Share Like
Simpan

Kemampuan untuk mendengarkan pola, mengenal dan mengolah musik dikenal sebagai kecerdasan bermusik. Si Kecil yang cerdas bermusik tidak saja dapat dengan mudah mengingat musik tetapi juga sulit untuk melepaskan musik dari ingatannya, baginya musik ada dimana-mana. Si Kecil sangat pandai mengubah kata-kata menjadi sebuah lagu.

Dengan kecerdasan bermusik, si Kecil mampu mempersembahkan, menyusun dan menghargai pola musik. Si Kecil pandai mengenal dan menyusun nada dan irama musik. Kecerdasan bermusik yang kuat menjadikan si Kecil sangat peka terhadap berbagai bunyi dan irama, termasuk suara hewan.

Ingin menjadikan si Kecil cerdas bermusik? Lakukanlah hal-hal berikut ini :

 

Nyanyikan lagu
Ketika memandikan atau meninabobokan si Kecil, nyanyikanlah lagu. Biasakan si Kecil untuk mendengar kata-kata berirama.

Perdengarkan lagu
Kalau Ibu sibuk menyiapkan makanan si Kecil di dapur, putarlah lagu untuk menemani si Kecil bermain di kamarnya. Atau ketika sedang bersama si Kecil, putar lagu dan dengarkan bersama.

Nonton konser
Musik dapat menjembatani kesenjangan antar generasi. Ajaklah si Kecil sesekali nonton konser musik, tentunya yang sesuai bagi si Kecil.

Menebak suara
Kumpulkan berbagai alat instrumen, dan tunjukkan suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut. Lalu tutup mata si Kecil dengan sehelai saputangan. Ibu bunyikan salah satu alat musik dan tanyakan pada si Kecil alat instrumen apa yang didengarnya.

Menciptakan bunyi
Melatih kepekaan bermusik juga dapat dilakukan dengan menciptakan bunyi-bunyian berirama. Ajak si Kecil mengetuk-ngetuk meja dengan jari jemarinya, atau mengetuk-ngetuk sendok ke cangkirnya. Ibu juga bisa mengajak si Kecil membuat alat musik sederhana dari botol plastik bekas minuman yang diisi dengan beras atau manik-manik.