Share Like
Simpan

Saat Ibu memasuki kehamilan muda atau trimester pertama, umumnya Ibu memiliki keinginan untuk makan makanan yang manis, pedas, mangga muda yang asam, atau kudapan yang asin. Es krim, acar, sambal, lemon, keju dan coklat merupakan makanan yang sering menjadi incaran Ibu hamil yang sedang mengidam. Beberapa Ibu hamil malah ingin mengonsumsi kombinasi makanan yang tidak lazim, seperti buah zaitun hitam pada cheesecake, acar timun bersama keju, dan terong pada piza, dan ada Ibu hamil lainnya yang ingin makan makanan yang jarang dikonsumsinya sebelum ia hamil.

Mengapa Ibu hamil mengidam makanan tertentu?
Tidak ada jawaban yang pasti mengenai alasan Ibu hamil mengidam jenis makanan tertentu dan tidak semua Ibu hamil mengidam. Namun para ahli telah mengamati ada beberapa hal yang mungkin mempengaruhi Ibu hamil mengidam.

• Perubahan hormonal saat kehamilan yang dapat mengubah kepekaan indera pengecap dan penciuman, sehingga Ibu hamil dapat menginginkan makanan yang biasanya tidak ia nikmati, atau bisa juga sebaliknya, yaitu tidak menyukai makanan yang biasanya ia makan.
• Kekurangan nutrisi sementara dapat menyebabkan Ibu hamil mengidam, misalnya Ibu mengidam manisan, acar timun mungkin menandakan kadar natrium yang rendah dalam darah, sementara Ibu hamil yang mengidam coklat mungkin dipicu oleh defisiensi vitamin B. Selain itu, bagi Ibu hamil yang mengidam daging merah, mungkin merupakan sinyal tubuh yang menunjukkan kebutuhan protein oleh tubuh,
• Kebutuhan emosional diketahui berkaitan dengan kondisi emosi dan mental Ibu. Tidak disadari Ibu hamil mengidam jenis makanan tertentu sebagai respon kebutuhan emosional.

Hal terpenting, Ibu perlu mengimbanginya dengan berbagai nutrisi sehat. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu Ibu yang mengidam:
• Es krim dapat dimodifikasi dengan yogurt tanpa lemak, namun tetap dapat memenuhi kebutuhan kalsium
• Coklat dapat dikonsumsi sebagai kombinasi buah segar yang diatasnya diberikan sirup coklat tanpa lemak.
• Permen dan makanan manis lainnya dapat diganti dengan manisan seperti manisan apricot, atau buah-buahan segar seperti mangga, nanas, dll
• Kudapan asin atau asam, dapat diganti dengan memeras lemon di atas lauk ikan atau salad.
• Susu khusus untuk Ibu dengan rasa yang lezat dan tidak eneg pun bisa menjadi pilihan sehat dan bergizi.

Mengidam dapat mengurangi stres

Di samping alasan psikologis, kadangkala mengidam juga berkaitan dengan emosi dan keinginan Ibu hamil. Ibu hamil yang mengidam suatu makanan tertentu muncul untuk memenuhi kebutuhan emosional, seperti menenangkan stres dan mengurangi kecemasan. Jenis makanan berkarbohidrat dapat meningkatkan kadar hormon serotonin yang memberikan efek menenangkan. Peneliti juga mengatakan bahwa kombinasi lemak dan gula mungkin menyebabkan efek menenangkan. Selain itu, lingkungan dengan tekanan atau stres yang tinggi juga memengaruhi keinginan untuk makan lemak dan gula, sehingga otak akan memberikan respon memproduksi hormon yang berkaitan dengan stres lebih sedikit.

Buatlah masa kehamilan trimester pertama dan mengidam menjadi pengalaman yang menyenangkan, dan penuhi pikiran ibu dengan hal-hal yang positif, sehingga ibu tidak terbebani oleh perubahan emosi dan dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan ceria.