Share Like
Simpan

Siapa yang tidak menyukai musik? Bagi kebanyakan orang, musik seolah telah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Ada yang memiliki kemampuan memainkan alat musik, ada juga yang menikmati musik sebagai pendengar. Semuanya menggambarkan betapa musik merupakan hiburan yang baik bagi semua orang.

 

Musik juga merupakan bagian penting dari kehidupan saya dan si Kecil. Dalam berbagai kegiatan, saya sering memutar musik dan mendengarkannya pada si Kecil. Biasanya, saya akan ajak dia untuk ikut menirukan bunyi yang didengar. Wah, si Kecil nampak senang sekali belajar musik.

 

Yuk, Konser di Taman!

Salah satu pengalaman yang paling saya ingat ialah saat kami melakukan resital kecil-kecilan di taman. Waktu itu, saya menyiapkan beberapa alat musik yang mudah dibawa, seperti gitar, pianika, dan harmonika. Saya coba jelaskan pada si Kecil mengenai nada. Ibu bisa memulainya dengan menyanyikan tangga nada do-re-mi-fa-so-la-si-do, kemudian meminta si Kecil untuk meniru. Ekspresi si Kecil lucu sekali, deh!

 

Setelah itu, Ibu pun bisa memulai mengajarkan si Kecil cara memainkan alat musik. Cukup ajarkan yang sederhana saja ya, Bu. Setidaknya si Kecil dapat belajar untuk mengenali ragam bunyi dari berbagai alat musik. Ini bisa menjadi bekal baginya saat mulai belajar memainkan alat musik dengan benar.

 

Setelah melakukan semua itu, saatnya konser! Ajak si Kecil untuk bermain musik bersama. Dulu, saya mengajak si Kecil untuk bersenandung lagu anak-anak favoritnya, Naik Kereta Api. Tak jarang, si Kecil melakukan banyak tingkah lucu di tengah-tengah lagu. Senang deh, melihatnya.

 

Seru kan, Bu! Nah, ayo segera lakukan kegiatan tersebut bersama si Kecil. Jangan khawatir apabila tidak memiliki alat musik di rumah. Banyak perlengkapan yang bisa dijadikan instrumen musik sederhana. Misalnya, Ibu bisa menggunakan ember plastik kecil sebagai gendang atau botol kaca bening untuk mengajarkan si Kecil cara menimbulkan bunyi dengan meniup mulut botol. Mudah, bukan?

Manfaat Musik

Dari info yang saya baca, bermain musik ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk si Kecil. Pada situs www.pbs.org tertulis bahwa musik mengasah tingkat kecerdasan anak. Dengan bermain musik, tingkat IQ seorang anak akan semakin terasah. Tidak hanya itu, musik juga bisa menjadi cara si Kecil untuk berekspresi dan menyatakan diri. Oleh karena itulah, saya berusaha untuk menyertakan musik di tengah kegiatan bersama si Kecil, guna mendukung perkembangannya.

Nutrisi Pendukung Aktivitas si Kecil

Selain kegiatan resital, saya juga selalu mendukung tumbuh kembang si Kecil lewat asupan makanan bergizi, contohnya dengan menambahkan makanan yang mengandung Seng dan Selenium. Seng bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga kelancaran proses penyembuhan tatkala si Kecil sakit. Sedangkan, Selenium berperan dalam melindungi sel dan jaringan tubuh dari bahaya radikal bebas.

 

Saya pun rutin memberikan si Kecil susu pertumbuhan sebagai pelengkap nutrisinya. Oleh sebabt itu, saya memilih Frisian Flag Karya.  Susu ini diperkaya dengan kombinasi tinggi Vitamin D, Kalsium, Seng, Selenium, Fosfor, Vitamin, A, C, & E serta Inulin. Semua nutrisi tersebut membantu si Kecil untuk tetap sehat dalam mencapai berbagai tahapan tumbuh kembangnya di usia 4-6 tahun

 

Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat untuk Ibu dan si Kecil, ya. Selamat berkarya bersama si Kecil. Jangan lupa ceritakan keseruannya di sini, ya!