Whatsapp Share Like
Simpan

Aktivitas si Kecil sehari-hari tentu perlu mendapat perhatian penuh dari Ibu. Selain karena rasa ingin tahunya yang sangat besar terhadap hal-hal baru, tubuh si Kecil juga belum benar-benar mampu menciptakan ketahanan yang optimal. Fisik yang sedang berkembang, memerlukan asupan nutrisi serta pola hidup yang sehat, sehingga perkembangannya bisa optimal.

Melihat si Kecil sakit akan selalu membawa kesedihan untuk Ibu. Untuk itu, Ibu pasti selalu berupaya menjaga kesehatannya, namun demikian apa saja yang menyebabkan si Kecil terjangkit penyakit perlu dipahami sebagai upaya pencegahan. Memang biasanya penyakit yang serius tidak akan datang jika nutrisi cukup dan pola hidup sehat telah diterapkan. Tetapi, kondisi lingkungan dan teman bermain akan menjadi faktor diluar kuasa Ibu.

Untuk anak usia 5 tahun, terdapat beberapa penyakit yang umum terjadi. Penyakit ini bisa karena virus, konsumsi makanan diluar kontrol yang kurang higienis, dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Terlebih untuk negara tropis seperti Indonesia, perubahan musim yang kini sulit diprediksi menuntut Ibu untuk selalu menjaga si Kecil tetap dalam kondisi sehat dan kuat.

Beberapa Penyakit yang Rawan pada Anak Usia 5 Tahun

Apabila dilihat kembali, setidaknya ada beberapa penyakit yang biasanya menjangkiti si Kecil dikarenakan berbagai hal yang telah disebutkan di atas tadi. Yang pertama adalah flu. Ya, mengingat daya tahan tubuh yang belum terbentuk sempurna dan kondisi cuaca tidak menentu, flu menjadi penyakit paling sering menjangkiti si Kecil.

Penyakit berikutnya adalah cacar air. Tentu Ibu tidak asing untuk yang satu ini karena cacar air dikenal sebagai penyakit sekali seumur hidup. Hal ini terjadi karena virus yang masuk ke tubuh si Kecil dan memunculkan bintik-bintik merah pada kulitnya. Biasanya setelah terjangkit satu kali, tubuh telah mampu membuat kekebalan tertentu pada virus serupa.

Artikel Sejenis

Selanjutnya adalah mata merah. Hal ini terjadi karena adanya inflamasi pada bagian mata akibat penularan dari teman bermainnya. Mata merah sangat menular karena disebabkan oleh bakteri dan virus yang melayang di udara.

Selanjutnya adalah diare. Siapa yang tak mengenal penyakit ini? Bahkan orang dewasa juga masih beresiko terkena penyakit ini. Penyebab utama biasanya terletak pada pola makan yang kurang sehat. Makanan yang dikonsumsi si Kecil yang tidak dari dalam rumah, beresiko besar kurang higienis dan mengandung bakteri E. Coli, penyebab utama diare.

Atasi dengan Pola Hidup Sehat dan Makanan Bergizi

Memang menyebalkan dan membuat sedih ketika si Kecil terkena penyakit tertentu. Sebagai orang dewasa yang memiliki tanggung jawab penuh, Ibu harus selalu memastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi dan menjaga pola hidup sehatnya.

  1. Makanan Higienis dan Bernutrisi

    Menjaga kesehatan bisa dimulai dengan apa yang dikonsumsi si Kecil. Makanan bergizi dan kaya nutrisi menjadi satu hal wajib agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, guna membangun daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, pastikan setiap makanan si Kecil bersih dan higienis, untuk meminimalisir resiko penyakit seperti diare.

  2. Menjaga Lingkungan Bermain

    Artinya, Ibu harus senantiasa memastikan si Kecil bermain pada area yang bersih. Jika memang harus beraktivitas di alam terbuka, pastikan si Kecil mengenakan pakaian yang aman dan segera mandikan si Kecil setelah selesai bermain. Ibu juga harus memperhatikan teman bermain si Kecil, dan memastikan si Kecil tidak beresiko tertular penyakit dari teman bermainnya.

  3. Pola Hidup Sehat

    Sebenarnya pola hidup sehat merupakan kombinasi dari semua perilaku dan aktivitas serta makanan yang dikonsumsi. Penerapan pola hidup sehat pada si Kecil sejak dini, bisa mengurangi resiko terjangkitnya berbagai macam penyakit. Gerak fisik yang aktif juga bisa membantu tubuh si Kecil dalam mengeluarkan sisa nutrisi yang tidak terpakai, sehingga tubuhnya selalu berada dalam kondisi bersih dan segar.

  4. Imunisasi

    Terakhir, jangan lupa melaksanakan imunisasi untuk si Kecil guna memastikan badannya memiliki ketahanan terhadap virus dan penyakit yang ada. Imunisasi memiliki masa tertentu dan telah diprogramkan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan anak-anak dari penyakit tertentu.

    Menjamin kesehatan si Kecil menjadi hal utama untuk Ibu. Kesehatan si Kecil juga menjadi dasar tumbuh kembang yang optimal dan menunjang aktivitas seharI-hari yang dilakukannya. Dengan memiliki fisik yang sehat dan kuat, si Kecil bisa menjelajah berbagai hal baru dan belajar banyak dari lingkungan sekitarnya.

Makanan bergizi dan pola hidup sehat menjadi kunci kesehatan si Kecil. Biasakan untuk selalu memeriksa asupan nutrisi harian, serta memastikan si Kecil mencuci tangan dan menjaga kebersihan badan.