Whatsapp Share Like
Simpan

Bahagianya Ibu sudah berhasil melalui 3 bulan pertama dengan baik! Memasuki trimester kedua, Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan pada tubuh yang disebabkan oleh meningkatnya hormon. Jangan khawatir, Bu. Walaupun begitu, Ibu tetap dapat terlihat menarik, kok.

Rajin berolahraga ringan akan menjaga tubuh Ibu tetap sehat dan terlihat berseri. Oleh karena itu, Ibu bisa mencoba beberapa jenis olahraga berikut ini:

  • Renang

Renang merupakan salah satu olahraga aerobik yang baik bagi kesehatan Ibu hamil dan janin. Selain ikut menyegarkan dan menguatkan tubuh dalam menjalani masa kehamilan, berenang pun dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga produksi darah ke kulit semakin banyak dan dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

  • Prenatal Yoga

Kelas prenatal yoga adalah olahraga yang populer di kalangan Ibu hamil. Ini karena yoga dapat melatih pernapasan serta membuat Ibu merasa lebih rileks sehingga dapat membantu Ibu ketika proses melahirkan.  Yoga dapat membuat Ibu mengurangi tingkat stress sehingga kerja jantung menjadi lebih teratur dan aliran darah menjadi lebih lancar sehingga kulit terlihat lebih berseri.

  • Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang baik karena mudah dilakukan oleh Ibu hamil. Dengan berjalan kaki, jantung Ibu akan memompa darah lebih banyak ke seluruh bagian tubuh. Itulah sebabnya kulit Ibu terlihat lebih cerah. Namun berhati-hatilah ketika berjalan di jalanan yang berkerikil atau berlubang. Ibu akan mudah kehilangan keseimbangan seiring dengan pertumbuhan janin yang semakin besar.  

Tidak terlalu rumit kan, Bu? Apabila Ibu rajin berolahraga, maka aliran darah di tubuh Ibu akan semakin lancar dan membuat kulit serta bagian tubuh lainnya menjadi terlihat lebih ‘bercahaya’ dan menarik. Inilah yang biasa disebut dengan pregnant glow

Selain adanya perubahan pada kulit di masa kehamilan ini, berikut adalah beberapa efek yang disebabkan oleh bertambahnya hormon di dalam tubuh:

  • Bertambahnya hormon pada tubuh, membuat beberapa bagian dari tubuh tumbuh dengan lebih cepat. Salah satunya adalah kuku. Kuku akan tumbuh dengan lebih cepat pada orang-orang dengan tubuh sehat dan lebih lambat pada orang-orang dengan tingkat hormon yang kurang seimbang. 
  • Sama halnya dengan kuku, pertumbuhan pada rambut juga dipengaruhi oleh hormon. Bertambahnya hormon dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan lebat terutama pada Ibu hamil .
  • Bertambahnya hormon di tubuh juga ikut mempengaruhi banyaknya jumlah sel darah merah pada tubuh. Semakin banyak sel darah merah, kulit akan terlihat lebih segar dan berseri. 

Perubahan-perubahan pada tubuh Ibu dapat dijaga dengan rajin berolahraga. Selain menjaga tubuh agar tetap terlihat menarik, salah satu manfaat dari olahraga adalah melatih pernapasan dan menghilangkan stress. Perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh bagaimana Ibu dapat merasa rileks. Selain itu, ketika berolahraga, oksigen yang masuk ke dalam tubuh juga lebih banyak dan pastinya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan otak dan sel pada janin. 

Pada masa kehamilan, biasanya perubahan pada tubuh Ibu akan membutuhkan penyesuaian. Perubahan-perubahan seperti bengkak, keram kaki, dan mudah lelah yang dapat menyebabkan sulit tidur, sebaiknya diatasi agar Ibu dapat menjalani masa kehamilan dengan baik.  Untuk menjaga kesehatan tubuh Ibu di masa ini, sebaiknya perbanyak konsumsi zat besi yang banyak terdapat pada daging yang tidak berlemak, sayuran yang berdaun, roti gandum, dan kacang-kacangan sebagai menu makanan Ibu. Jangan lupa, banyak-banyaklah minum air putih agar tubuh Ibu tidak kekurangan cairan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bu. Selamat mencoba!