Whatsapp Share Like
Simpan

Perkembangan kemampuan motorik si Kecil juga ditandai dengan kemampuannya menggerakkan dan menggunakan tangannya. Tangan tentunya menjadi bagian penting bagi tubuh, termasuk untuk si Kecil. Akan tetapi, sebelum menguasai keterampilan tangannya, si Kecil perlu berlatih kemampuan menggenggam.

Saat si Kecil berlatih menggenggam, hal tersebut akan menjadi permainan baru yang menyenangkan untuk si Kecil. Keterampilan menggenggam selain melatih perkembangan motoriknya, juga dapat menjadi langkah awal untuk melatih kemandirian si Kecil untuk makan, menulis, menggambar, merawat diri di kemudian hari.

Si Kecil memang memiliki kemampuan alami untuk menggenggam ditandai dengan mengepalkan tangan. Namun, bukan berarti si Kecil langsung terampil dan memiliki kemampuan fisik kuat dalam melakukan hal tersebut. Dibutuhkan waktu setidaknya satu tahun, untuk mengembangkan kemampuan menggenggam atau mengambil benda tanpa terjatuh. Si Kecil akan mulai mengembangkan kemampuan tersebut secara intensif di usia 3 bulan dan terus meningkat di bulan berikutnya.

Lalu, bagaimana tahapan perkembangan menggenggam pada si Kecil? Berikut merupakan tahapan perkembangan menggenggam pada si Kecil yang perlu Ibu ketahui:

Usia 0-12 Bulan

Pada usia awal si Kecil sebenarnya sudah memiliki refleks untuk menggenggam. Setiap kali telapak tangannya disentuh, si Kecil akan mencoba untuk menggenggam jari-jarinya. Gerakan tersebut biasanya tidak disengaja atau bersifat naluriah hingga si Kecil berusia 2 bulan.

Artikel Sejenis

Usia 3-4 Bulan

Si Kecil memasuki usia 3 bulan akan mulai menyadari bahwa tangan merupakan sebagian bagian dari tubuhnya. Kesadaran tersebut akan membuatnya semakin penasaran untuk bereksplorasi, seperti menghisap jari-jarinya atau kepalan tangan. Walaupun belum sempurna dalam meraih benda dengan tepat, saat memasuki usia 4 bulan si Kecil akan mulai mampu mengambil benda-benda besar seperti mobil-mobilan, robot-robotan, atau permainan balok.

Usia 6-8 Bulan

Si kecil usia 6 bulan atau bayi usia 7 bulan yang sudah mengembangkan kemampuan duduk, maka ia akan semakin pandai menggunakan tangan. Si Kecil akan lebih aktif meraih benda yang menarik perhatiannya. Si Kecil juga sudah bisa memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya. Akan tetapi, Ibu perlu mewaspadai benda apa yang ada di tangan si Kecil, karena si Kecil pada usia ini seringkali memasukkan benda ke mulutnya.

Usia 9-12 Bulan

Pada usia ini, si Kecil mulai bisa mengambil benda dengan tangannya. Kekuatan otot tangannya juga mulai berkembang lebih baik walaupun dalam mengambil benda masih mengalami kesulitan. Kemampuan dominan menggunakan tangan kanan atau kiri mulai terlihat pada masa ini hingga usia 3 tahun. Ibu sebaiknya mulai melatih penggunaan tangan kanan atau kiri untuk hal-hal yang umum dilakukan. Misalnya, membiasakan makan dengan tangan kanan, dan sebagainya.

Usia 1 Tahun Ke Atas

Pada usia 1 tahun ke atas, si Kecil akan mulai tertarik dengan alat-alat tulis dan menggunakannya untuk menulis ataupun menggambar. Saat memasuki usia 3 tahun, si Kecil mulai memiliki koordinasi yang cukup baik pada tangannya untuk menulis huruf, bahkan mulai mampu menuliskan namanya.

Ibu dapat mendukung kemampuan menggenggam si Kecil dengan memberikan stimulasi seperti, memberikan mainan yang menarik, mainan berwarna cerah, serta mainan yang mudah dipegang oleh si Kecil. Ibu bisa meningkatkan kekuatan otot tangan si Kecil dengan mengajarinya tengkurap. Sediakan berbagai mainan yang memiliki tekstur, bentuk, dan ukuran yang bervariasi di tangannya dan biarkan si Kecil memegangnya. Stimulasi refleks si Kecil dalam menggenggam dengan cara meletakkan mainan dengan jangkauan yang sedikit jauh darinya dan biarkan si Kecil menggapai mainan tersebut.

Ibu sebaiknya juga memberikan makanan genggam kepada si Kecil saat ia memasuki usia 8 bulan. Walaupun sedikit berantakan, namun si Kecil akan belajar menguasai jari-jarinya dengan menjepit makanan atau mengambil makanan tersebut untuk dimasukkan ke mulutnya.

Berikan si Kecil nutrisi, dan mengajaknya aktif bergerak sesuai perkembangan usianya. Ibu dapat memberikan si Kecil Frisian Flag 123 Primanutri yang memiliki kandungan serat pangan, vitamin A,C, D3, dan E, zat besi serta kalsium untuk mendukung kekuatan fisiknya dan tumbuh kembang yang sesuai pada si Kecil. Perlu juga bagi Ibu untuk memastikan si Kecil istirahat dengan cukup, untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Perlu Ibu ingat jika setiap anak mungkin memiliki waktu perkembangan yang berbeda-beda. Ibu tidak perlu memaksa si Kecil untuk berkembang sesuai yang Ibu mau. Namun, apabila kemampuan menggenggam si Kecil belum sesuai dengan perkembangan usianya hingga usia 9 bulan, Ibu sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter spesialis anak untuk mengetahui penyebab serta penanganan yang tepat.