Whatsapp Share Like
Simpan

Sepatu memang menjadi salah satu benda yang berperan melindungi kaki si Kecil. Sepatu biasanya digunakan saat berada di luar ruangan untuk melindungi kaki dari sesuatu yang berbahaya. Si Kecil harus merasa nyaman dan aman saat menggunakan sepatunya. Sehingga Ibu perlu memilih sepatu yang tepat. Pilihlah sepatu yang nyaman agar si Kecil lebih bebas bergerak kemana pun dia mau.

Kaki si Kecil masih dalam masa pertumbuhan sehingga perlu perhatian yang lebih untuk memilih sepatunya. Sepatu yang dianjurkan memiliki sol dari bahan yang lentur dan tidak licin sehingga si Kecil tidak mudah terpeleset. Bahan sepatu sebaiknya berbahan kulit lembut atau kain lembut. Dengan bahan yang lembut itu ventilasi udara akan berjalan dengan baik dan tidak akan menghambat pertumbuhan kaki si Kecil.

Ibu juga perlu memperhatikan sepatu yang dipakai si Kecil sebaiknya memiliki ruang yang cukup untuk jari-jarinya menekuk. Ada juga ruang untuk tumit kaki si Kecil dan tumit sepatu. Ruang ini diperlukan bila ukuran kaki si Kecil tumbuh dengan cepat. Pemberian ruang tidak akan menghambat pertumbuhan kaki si Kecil. Sehingga Ibu sebaiknya tidak memilih sepatu yang terlalu pas dengan ukuran kakinya.

Apabila Ibu ingin membeli sepatu si Kecil, belilah saat sore hari karena pada saat itu ukuran kaki si Kecil berada pada ukuran maksimal. Bila Ibu membelinya di pagi hari kemungkinan sepatu akan terasa lebih sempit. Sepatu yang sempit tidak baik digunakan karena akan memberi kesempatan kuman dan bakteri tumbuh. Sirkulasi udara yang tidak berjalan baik akan membuat kaki lebih mudah berkeringat. Kondisi inilah yang menyebabkan bakteri dan kuman tumbuh. Hal ini tentu akan membawa penyakit untuk si Kecil.

Dalam memilih sepatu Ibu juga perlu mempertimbangkan apakah bertali atau tanpa tali. Pilihan sepatu tanpa tali lebih dianjurkan agar si Kecil terhindar dari kemungkinan tersandung. Sepatu tanpa tali dengan perekat velcro bisa dijadikan pilihan agar si Kecil lebih aman. Bila sepatu yang bertali berpotensi membuat si Kecil terjatuh atau tersandung karena tali terlepas.

Artikel Sejenis

Sepatu yang tersedia di pasaran tentunya memiliki berbagai model. Ibu bisa memilih sepatu jenis sneaker dibanding sepatu boot. Sepatu sneaker tidak akan membatasi gerak si Kecil yang masih dalam proses tumbuh. Ibu perlu perhatikan bentuk sepatu si Kecil. Sepatu dengan ujung terbuka mungkin terlihat bagus dipakainya namun Ibu harus perhatikan pelindungan sepatu terhadap kaki si Kecil. Sepatu dengan ujung terbuka tidak bisa melindungi kaki secara optimal dari bahaya dari luar.

Bila Ibu masih punya koleksi sepatu bekas kakak si Kecil lebih baik tidak digunakan. Bentuk kaki si Kecil tentu berbeda dengan kakaknya sehingga tidak semua sepatu cocok untuknya. Bila sepatu tersebut tidak cocok akan membuat kaki si Kecil terluka dan melepuh. Bila perlu Ibu bisa membuat sepatu khusus untuk si Kecil. Sepatu yang sesuai bentuk kakinya agar bisa tumbuh dengan baik.

Jangan terlalu tergoda bila ada penawaran diskon di toko dengan membeli sepatu dalam jumlah banyak. Kaki si Kecil masih akan tumbuh, dia akan membutuhkan ukuran baru setiap usia 2-4 bulan. Sepatu si Kecil juga tidak perlu terlalu mahal harganya karena sepatu ini biasanya tahan lama. Sedangkan kaki si Kecil masih terus tumbuh, sepatu tersebut tentu tidak bisa dipakai lagi setelah beberapa saat. Ibu juga bisa lebih menghemat dengan membeli sepatu dengan harga normal.

Ketika si Kecil pakaikan juga kaos kaki agar lebih nyaman dalam menggunakannya. Pemakaian kaos kaki juga menghindarkan gesekan kaki secara langsung dengan kaki. Bisa saja gesekan menyebabkan kaki si Kecil tergores dan terluka. Tentu hal ini tidak baik karena memungkinkan kuman masuk ke dalam tubuhnya. Bila begini si Kecil akan terkena penyakit dan tubuhnya tidak kuat lagi. Sehingga Ibu perlu memperhatikan segala detail penggunaan sepatu si Kecil. Jangan sampai si Kecil malah terluka karena sepatu yang tidak sesuai.

Sepatu yang ringan juga lebih baik digunakan daripada sepatu yang berat. Si Kecil masih dalam tahap pertumbuhan sehingga memberikan beban yang berat akan menghambat langkahnya. Pilihlah sepatu dengan kualitas terbaik dan tidak membuat si Kecil terhalang melakukan sesuatu. Si Kecil harus menjadi lebih kuat agar bisa tumbuh dengan baik. Sepatu tidak boleh membuatnya menjadi lemah dan malas bergerak. Ibu harus bisa pastikan sepatu si Kecil tetap aman, nyaman, dan tidak menghambat perkembangannya.