Whatsapp Share Like
Simpan

Kesehatan si Kecil tentunya adalah salah satu prioritas utama bagi Ibu. Untuk menjadikan anak sehat perlu diawali dengan pola hidup yang sehat pula. Pola hidup sehat si Kecil ini salah satunya didapatkan dengan cara memenuhi kebutuhan dasar anak, termasuk dalam hal kecukupan waktu tidur. Kata “cukup” berarti bahwa waktu perolehan si Kecil untuk tidur harus sesuai dengan kebutuhannya, dimana waktu rentang tidur ini bergantung dengan usia. Bagi seorang anak usia enam tahun, waktu tidur yang dibutuhkannya per hari rata-rata sebanyak kurang lebih 11 jam. Agar waktu tidur si Kecil dapat tercukupi tentu tidak cukup dengan tidur pada malam hari saja. Oleh karena itu, tidur siang sangatlah dianjurkan bagi anak-anak di usia ini agar kebutuhan waktu tidurnya terpenuhi.

Memastikan si Kecil memperoleh waktu tidur siangnya rupanya memiliki segudang manfaat positif lho, Bu. Intip dulu yuk, manfaat tidur siang bagi si Kecil berikut ini!

Optimalkan Tumbuh-Kembang Anak

Saat tidur siang tubuh si Kecil aktif mengeluarkan hormon pertumbuhan yang mampu membuat badannya (tulang dan otot-ototnya) makin tinggi dan kuat. Tidur siang membuat otak seakan disegarkan kembali. Oleh karena itu, tidur siang juga dikatakan mampu meningkatkan kognisi si Kecil yang berkaitan dengan memori otak anak untuk mengingat.

Menunjang Kesehatan si Kecil

Kebiasaan tidur siang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak dalam melawan berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Bahkan tidur siang juga bermanfaat menjaga berat badan si Kecil tetap ideal dan menghindarkannya dari obesitas. Sebab, saat tidur siang proses metabolisme si Kecil jadi lancar.

Bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan mental anak juga mendapatkan manfaat dari tidur siang. Suasana hati anak lebih terjaga dan positif. Hasilnya anak akan menjadi lebih bahagia dan cepat tangkap saat diajarkan hal-hal baru.

Artikel Sejenis

Mencegah Anak Terlalu Kelelahan

Tidur siang hari juga ampuh untuk mencegah anak dalam kondisi terlalu kelelahan yang dapat memicu sikap rewel, terutama pada waktu-waktu menjelang tidur malam.

Mencegah Mengompol

Membiasakan anak tidur siang dapat membantu agar anak dapat bangun tidur di malam hari untuk pergi ke kamar mandi untuk pipis, sehingga si Kecil terhindar dari mengompol.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Tidur siang bermanfaat untuk mengurangi stres serta mampu menjaga daya fokus dan konsentrasi si Kecil. Hati yang bahagia, serta fokus dan konsentrasi yang baik akan membantu anak untuk dapat belajar dengan lebih baik. Alhasil, kemampuan belajar anak meningkat deh!

Setelah berkenalan dengan berbagai manfaat tidur siang bagi si Kecil, kini Ibu dapat belajar berbagai tips atau kiat-kiat untuk membiasakan anak tidur siang, lho. Sebab bagaimanapun juga seringkali si Kecil memang susah untuk diajak tidur siang. Apalagi jika si Kecil sudah terlanjur keasikan bermain dengan teman-temannya, maka mengajaknya untuk tidur siang bisa menjadi sebuah tantangan.

Berikut ini dipaparkan beberapa trik mudah ajarkan anak terbiasa tidur siang.

  • Pastikan si Kecil tidur siang dalam kondisi perut kenyang ya, Bu. Sebab perut kosong akan membuat anak merasa tidak nyaman dan malah menjadi rewel.
  • Buat jadwal rutin tiap hari bersama si Kecil soal waktu tidur siang yakni waktu mulai tidur dan waktu bangun. Kebiasaan seperti ini akan membuat si Kecil menjadi disiplin pada waktu tidurnya. Jadwal seperti ini akan membiasakan tubuh anak turut membiasakan diri dengan rutinitas tersebut. Sebaiknya pilih jadwal waktu tidur tidak lama sesuai jam makan siang anak. Pada waktu itu tubuh anak cenderung merasa lebih mengantuk akibat karbohidrat yang disantapnya. Waktu ini adalah waktu yang tepat mengajaknya tidur siang. Maka, hindari mengajak anak untuk beraktivitas di waktu menjelang tidur siangnya.
  • Buat anak merasa nyaman dan santai dengan kondisi di sekitar dimana ia akan tidur. Jaga kebersihan dan kerapian kamar anak. Pasang kipas angin jika perlu supaya anak tidak terganggu dengan gerah. Matikan segala alat elektronik dan singkirkan benda yang mungkin mendistraksi anak untuk berangkat tidur siang seperti televisi, gawai, lampu, mainan, dll. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan si Kecil sebelum tidur siang. Ajak anak untuk membersihkan terlebih dahulu kaki dan tangannya sesudah bermain.
  • Bu, penting juga lho untuk mengedukasi si Kecil soal manfaat tidur siang baginya. Biarkan anak memahami arti penting tidur siang yang nantinya bisa menumbuhkan minatnya untuk melakukan rutinitas ini.

Gimana Bu, mudah kan untuk ajarkan si Kecil terbiasa tidur siang? Semoga dengan ulasan ini Ibu bisa semakin semangat untuk membiasakan hal-hal baik pada si Kecil seperti pola hidup sehat dengan rutin tidur siang. Tetap konsisten ya Bu untuk terus kawal tumbuh kembang si Kecil!