Whatsapp Share Like
Simpan

Kebanyakan Ibu hamil merasa kesusahan saat harus menentukan posisi tidur. Mau menghadap ke kanan atau ke kiri agak sulit karena perut mulai membesar, apalagi Ibu hamil tidak bisa tidur tengkurap karena takut janin tertindih. Posisi tidur inilah yang akhirnya memengaruhi kualitas tidur Ibu. Padahal saat wanita hamil, kualitas tidur sangat berpengaruh bagi kesehatan dan kekuatan Ibu.

Nah, daripada Ibu bingung, berikut ini beberapa tips yang bisa Ibu lakukan agar Ibu lebih nyaman dan nyenyak saat tidur malam. Simak ulasannya berikut ini ya!

  1. Hindari makan camilan saat menuju tidur malam
    Makan camilan terlalu larut membuat Ibu hamil lebih lama terjaga dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Selesaikan makan 2 jam sebelum tidur untuk mencegah refluks asam atau mulas.
  2. Carilah posisi tidur yang baik
    Tidur dengan posisi menyamping dapat mengurangi jumlah tekanan pada rahim dan membantu Ibu hamil bernapas lebih baik. Posisi ini juga akan membantu meringankan sakit punggung. Selain itu, posisi ini juga bisa membantu mengoptimalkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke plasenta. Perlu diingat para ahli juga menganjurkan posisi bantal saat tidur lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini juga untuk memastikan cairan di dalam lambung tidak mengalir kembali ke kerongkongan.
  3. Perbanyak aktivitas
    Jika Ibu tidak bisa tidur ketika malam, lakukan banyak kegiatan ketika siang hari. Hal ini membuat Ibu bisa merasa kelelahan sehingga akan merasa cepat lelah saat malam hari. Saat tubuh lelah, Ibu akan segera ingin tidur dan memiliki tidur yang berkualitas.
  4. Berjalan dan latih pernapasan
    Cobalah lakukan jalan pagi mengelilingi sekitar rumah selama 30 menit, setelah itu, cobalah latihan menarik napas dalam yang teratur secara perlahan. Berjalan dan melatih pernapasan dapat meregangkan otot-otot Ibu sehingga membuat Ibu tidur lebih nyaman.
    Saat melatih pernapasan, carilah posisi yang nyaman untuk Ibu. Ibu bisa mencoba duduk, berdiri, ataupun berbaring, lalu tariklah napas melalui hidung secara perlahan, tahan napas selama 1 sampai 2 detik, kemudian keluarkan napas melalui mulut secara perlahan, lalu ulangi beberapa kali.
  5. Relaksasi pikiran sebelum tidur
    Biarkan tubuh dan pikiran rileks 15 menit sebelum tidur. Jauhkan pikiran-pikiran negatif sebelum tidur. Fokuslah pada pikiran positif agar bisa tidur lebih mudah. Jika masih sulit untuk tidur, lakukan meditasi sebelum tidur. Hal ini bisa melancarkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga metabolisme menjadi lebih lancar jadi Ibu akan tidur jadi lebih nyaman.


Sebisa mungkin Ibu harus menghindari posisi tubuh telentang. Posisi ini dapat mengurangi jumlah darah yang dipompa ke jantung Ibu. Akibatnya, oksigen yang dialirkan ke janin juga berkurang. Tidur telentang juga dapat memicu gangguan napas saat tidur. Oleh karena itu, ibu hamil di trimester ketiga lebih disarankan untuk tidur di posisi miring.

Nah, Ibu juga harus selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi seimbang. Ibu bisa lengkapi nutrisi dengan Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA. Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA adalah minuman khusus untuk Ibu hamil dan menyusui dengan rasa cokelat yang lezat. Diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi janin dan Mama. Dengan kombinasi zat gizi makro: protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (Inulin), Tinggi Zat Besi, Tinggi Kalsium, Tinggi Asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral untuk melengkapi asupan gizi Ibu hamil dan menyusui yang memerlukan tambahan zat gizi lebih banyak dibandingkan kebutuhan gizi harian sebelumnya.

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA mempunyai 2 manfaat dalam 1 produknya. Dapat dikonsumsi oleh Ibu hamil dan menyusui sekaligus, menjadikan konsumsi susu menjadi lebih praktis dan ekonomis. Rasa cokelat yang lezat membuat minum susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA menjadi sensasi yang berbeda. Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA bisa diminum dalam sajian susu panas maupun dingin dan dapat juga dikombinasikan dengan bahan makanan dan minuman lain. Tersedia dalam kemasan kotak dengan harga terjangkau.

Artikel Sejenis

Konsumsi 2 gelas Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA setiap hari dapat memberikan tambahan energi sebanyak 380 kkal dan protein 18 gr dan mendukung asupan gizi selama periode kehamilan dan menyusui.

Sudahkah Ibu memenuhi kebutuhan harian agar tumbuh kembang si Kecil kelak akan terjaga?