Whatsapp Share Like
Simpan

Ruam merupakan kondisi yang biasa terjadi pada si Kecil berusia 1-3 tahun. Gejala yang muncul umumnya adalah bercak merah pada kulit si Kecil. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya ruam pada si Kecil. Ibu sebaiknya mengetahui manakah ruam yang berbahaya serta mana yang bisa ditangani sendiri di rumah. Dengan begitu, saat si Kecil mengalami ruam, Ibu dapat mengobservasi serta melakukan penanganan pertama. Berikut ini merupakan 6 penyebab ruam yang umumnya muncul pada si Kecil. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Ruam karena biang keringat

Ruam yang cukup sering timbul pada si Kecil adalah ruam biang keringat. Pada kulit si Kecil akan muncul tonjolan kecil kemerahan. Beberapa area tubuh tertentu yang berkeringat tinggi cenderung lebih mudah muncul ruam seperti dahi, punggung, dan berbagai lipatan kulit. Hal ini disebabkan karena kelenjar keringat si Kecil belum berkembang stabil dan tubuhnya belum terbiasa dengan perubahan suhu. Ibu bisa mengatasinya dengan meletakkan si Kecil di ruangan yang sejuk dan memberi pakaian yang menyerap keringat dengan baik.

Ruam candidiasis karena infeksi jamur

Ruam candisisiasis biasanya muncul di area yang bersentuhan dengan popok bayi. Ruam jenis ini disebabkan oleh infeksi jamur yang ditimbulkan dari popok bayi yang lembab. Untuk mengatasinya, Ibu perlu memberikan krim anti jamur pada area popok. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu agar mendapat krim anti jamur yang sesuai. Selain itu, jaga kebersihan tubuh bagian bawah si Kecil dengan rutin mengganti popoknya, ya.

Ruam karena kulit kering dan mengelupas

Ruam karena kulit kering dan mengelupas umumnya terjadi hampir pada si Kecil yang baru lahir. Namun ruam ini muncul cukup parah pada si Kecil yang lahir lebih dari 9 bulan. Ruam ini termasuk tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya dalam hitungan hari atau Minggu. Selama ruam terjadi, berikan asupan ASI yang cukup sehingga tubuh si Kecil semakin kebal dan meningkat imunnya.

Ruam karena paparan hormon Ibu

Ruam lain yang juga tidak berbahaya adalah ruam yang disebabkan oleh paparan hormon Ibu selama si Kecil berada di rahim. Cirinya adalah muncul jerawat kemerahan atau neonatal acne di sekujur tubuh si Kecil. Ruam jenis ini tidak membutuhkan penanganan khusus karena akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Ruam karena paparan hormon Ibu selama berada di rahim umumnya muncul pada si Kecil yang berusia 1-3 bulan.

Artikel Sejenis

Ruam hives karena reaksi alergi

Apabila pada kulit si Kecil muncul tonjolan pada permukaan tubuh dan terasa gatal bisa jadi itu adalah ruam hives. Ruam ini biasanya tonjolannya berbentuk lingkaran dengan bagian tengah berwarna pucat dan bagian luarnya kemerahan. Ruam hives muncul karena adanya reaksi alergi. Kemunculan ruam bisa disebabkan karena alergi makanan, obat, benda-benda, tanaman infeksi virus, bahkan gigitan serangga. Ruam ini tidak berbahaya karena biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 3 hari. Namun, jika ruam terjadi lebih dari 3 hari dan disertai pembengkakan maka Ibu sebaiknya segera membawa si Kecil ke dokter. Ruam hives yang parah tentunya membutuhkan penanganan ahli medis karena perlu mendapat obat alergi secepatnya.

Ruam eczema karena kulit yang sensitif

Ruam eczema merupakan jenis ruam yang disebabkan oleh kulit sensitif. Pemicunya akan sangat bervariasi tergantung seberapa sensitif kulit si Kecil. Ruam eczema tidak memiliki ciri spesial. Ruam ini terlihat berwarna merah dan terasa gatal, umumnya muncul di dada, lipatan kulit, dan wajah. Ibu dapat membawa ke dokter untuk mengetahui apakah ruam yang muncul pada si Kecil merupakan ruam eczema atau bukan. Selain itu, dokter akan bisa memperkirakan pemicu terjadinya ruam sehingga dapat dihindarkan dari si Kecil.

Berbagai penanganan tambahan bisa Ibu terapkan seperti menggunakan pelembab kulit untuk bayi, penggunaan deterjen alami, serta mengganti sabun mandi bayi dengan formula yang ringan. Si Kecil yang kemungkinan besar dapat mengalami ruam eczema yaitu pada rentang usia hingga 3 tahun. Ruam eczema bisa menjadi berbahaya terutama jika kemunculannya disertai dengan demam dan bisul berwarna kuning.

Itulah 6 penyebab ruam yang biasanya muncul pada si Kecil. Ruam akan lebih mudah terkena di tubuh si Kecil jika daya tahannya rendah. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya selalu memenuhi nutrisi si Kecil agar imun tubuhnya selalu kuat. Berikan asupan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI untuk memenuhi nutrisinya. Kandungan di dalamnya sangat lengkap seperti vitamin A, C, E, Send, Selenium, Serat Pangan Inulin dapat membantu si Kecil selalu Pintar dan Kuat. Pilihan rasanya pun bervariasi yaitu madu, vanilla, coklat yang tentu disukai si Kecil.