Whatsapp Share Like
Simpan

Minyak ikan tak hanya baik untuk orang dewasa namun juga baik untuk si Kecil. Minyak ikan dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil salah satunya memberikan nutrisi yang dapat mencerdaskan dan membuat pintar si Kecil. Ibu umumnya memberikan minyak ikan pada si Kecil saat ia memasuki usia 12 bulan disebabkan rasa khawatir memberikan minyak ikan saat MPASI akan terasa aneh dan berisiko. Padahal tidak, walaupun pada masa MPASI si Kecil masih dalam tahap belajar makan, memberikan minyak ikan pada si Kecil sebagai tambahan MPASI dapat mengoptimalkan fungsi otak dan memiliki banyak manfaat lain untuk si Kecil.

Minyak ikan memiliki kandungan DHA yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif, motorik, serta visual si Kecil. Mari Bu, ketahui 7 manfaat yang terkandung dalam minyak ikan yang baik untuk si Kecil:

  1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

    Seperti pembahasan sebelumnya, minyak ikan memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Minyak ikan mampu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil karena mengandung vitamin A, vitamin D, omega 3, asam lemak, dan DHA di dalamnya.

  2. Menyehatkan Tubuh Si Kecil

    Ikan memiliki sumber nutrisi yang baik bagi si Kecil. Namun, beberapa ikan bisa saja memiliki kandungan merkuri yang perlu Ibu waspadai. Sebagai alternatif, Ibu bisa memberikan minyak ikan untuk tetap mendapatkan nutrisi dari ikan. Beberapa ahli telah membuktikan bahwa produk minyak ikan umumnya telah bebas dari merkuri. Perusahaan minyak ikan akan memiliki ikan yang rendah merkuri kemudian disaring lagi untuk menghilangkan seluruh kontaminan. Itu sebabnya minyak ikan menyehatkan, tanpa merkuri yang bisa membuat Ibu khawatir dengan apa yang dikonsumsi si Kecil.

  3. Meningkatkan Fungsi Otak

    Minyak ikan dikenal mampu mencerdaskan dan membuat pintar otak si Kecil. Kandungan DHA pada minyak ikan berfungsi untuk memelihara sel-sel otak dan memfasilitasi penyampaian stimulus dan komunikasi antar neuron. Oleh karena itu, DHA juga bermanfaat meningkatkan konsentrasi si Kecil sehingga si Kecil mudah dalam menyerap pengetahuan yang ia terima baik secara langsung maupun tidak langsung dari lingkungan sekitarnya.

    Artikel Sejenis

  4. Menjaga Mood Si Kecil

    Minyak ikan dipercaya dapat membuat mood si Kecil terjaga dan membuatnya bahagia serta tersenyum setiap hari. Percaya atau tidak, memberikan minyak ikan rutin pada si Kecil bisa menghilangkan tantrum atau rewel pada si Kecil.

  5. Mempertajam Penglihatan

    Kandungan vitamin A yang tinggi pada minyak ikan dapat mempertajam penglihatan dan mengoptimalkan perkembangan visual si Kecil. Vitamin A terkenal baik untuk kesehatan mata. Selain itu, DHA juga berfungsi meningkatkan kemampuan indera si Kecil termasuk indera penglihatannya.

  6. Menguatkan Tulang Si Kecil

    Kaya akan vitamin D membuat minyak ikan dipercaya dapat menjaga kesehatan dan menguatkan tulang si Kecil. Omega 3 yang juga terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Asam lemak dalam minyak ikan selain bermanfaat bagi pertumbuhan tulang juga bermanfaat untuk membuat daya tahan tubuh si Kecil kuat dan terhindar dari penyakit seperti pilek, flu, dan batuk.

  7. Mencegah Eksim pada Si Kecil

    Eksim seringkali terjadi pada si Kecil dan membuatnya tidak nyaman karena kondisi kulitnya. Eksim bisa menyebabkan kulit si Kecil sangat kering bahkan pecah-pecah hingga berdarah. Untuk meredakan itu, Ibu bisa memberikan minyak ikan yang kaya akan kandungan asam lemak dan omega 3. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit si Kecil dengan membuatnya tetap lembab terjaga.

Manfaat di atas dapat Ibu peroleh dengan memberikan minyak ikan pada si Kecil. Akan tetapi, perlu Ibu ketahui jika nutrisi akan lebih baik untuk si Kecil jika didapatkan dari makanan langsung. Jika Ibu kurang menyukai memberikan makanan ikan berlemak, Ibu bisa menggunakan alternatif minyak ikan satu kali sehari sebagai solusi yang efektif. Namun, sebaiknya Ibu tetap melakukan konsultasi kepada dokter spesialis anak terlebih dahulu dalam pemberian minyak ikan tersebut, karena dalam beberapa kondisi, si Kecil memiliki alergi.

Si Kecil umumnya dapat mengkonsumsi minyak ikan saat usia 6 bulan sebagai MPASI. Namun, jika si Kecil menunjukkan tanda adanya alergi seafood, Ibu bisa memberikan minyak ikan saat si Kecil memasuki usia 3 tahun atau sesuai saran dari dokter anak.

Tak hanya diberikan secara langsung, minyak ikan juga bisa Ibu peroleh dengan memberinya Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang kaya akan kandungan minyak ikan di dalamnya. Tak hanya minyak ikan, produk tersebut juga kaya akan Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, Zat Besi serta asam sialat dan sphingomyelin yang tercantum pada tabel nutrisi, yang mampu mengoptimalkan kecerdasan si Kecil.