Whatsapp Share Like
Simpan

Tidak mudah memang, karena terkadang Ibu mengalami kondisi yang biasa disebut ‘ngidam.’ Saat merasakan kondisi ini, biasanya Ibu meminta makanan tanpa peduli dengan kandungan, manfaat, dan kekurangannya. Demi kelancaran proses kehamilan, persalinan hingga si Kecil dapat tumbuh dengan Pintar, Kuat, dan Tinggi (PIKAT), berikut beberapa saran yang dapat dijadikan acuan oleh Ibu.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil:

  1. Ikan dengan merkuri tinggi
    Ikan sebenarnya sangat baik untuk Ibu hamil karena mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan fungsi penglihatan si Kecil. Namun, sayangnya terdapat efek samping karena kebanyakan ikan mengandung merkuri.
    Disarankan cukup mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk menghindari efek samping yang disebabkan oleh merkuri.
  2. Daging dan Telur Setengah Matang
    Beberapa Ibu mungkin gemar mengonsumsi makanan serba setengah matang saat sebelum hamil. Namun kebiasaan ini harus segera dihentikan jika Ibu telah mengandung.
    Daging sapi atau unggas (ayam, bebek, dan burung) yang dikonsumsi setengah matang mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin. Sementara itu, telur setengah matang dapat menyebabkan keracunan yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Jika perlu, pakailah termometer untuk mengukur kematangan makanan.

  3. Kafein
    Kafein dapat berasal dari kopi, teh, dan minuman bersoda. Efek dari kafein umumnya menyebabkan jantung berdetak kencang. Tidak hanya jantung Ibu, ternyata jika mengonsumsi kafein berlebihan, detak jantung si Kecil dalam kandungan pun dapat terganggu.


Gaya hidup sebelum hamil yang biasa dilakukan seperti contoh di atas, disarankan untuk dihentikan demi menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan si Kecil. Tapi jika dicermati, mengubah gaya hidup untuk kepentingan proses kehamilan merupakan perubahan positif dan bisa menjadi momen untuk mengawali gaya hidup sehat.

Selain menjaga asupan dengan cara menghindari beberapa contoh makanan yang telah disebutkan, Ibu juga perlu melengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan menambah asupan nutrisi selain dari makanan sehari-hari. Pada umumnya, Ibu memilih susu bubuk pertumbuhan sebagai sumber tambahan nutrisi. Namun perlu diingat, Ibu tidak bisa asal memilih produk yang ada di pasaran. Selain dengan berkonsultasi dengan dokter, berikut kandungan yang sebaiknya terkandung dalam susu yang akan rutin Ibu konsumsi

  1. Protein
    Ibu memerlukan asupan protein hewani yang tinggi dan susu bisa menjadi alternatif yang lebih praktis untuk dikonsumsi. Selain tinggi protein juga mengandung zat gizi mikro r kalsium, asam folat dan zat besi yang kadarnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan selama masa kehamilan. Dan juga ditambahkan serat untuk membantu kesehatan saluran cerna. Frisian Flag  Mama Tahap 0 SUPRIMA mengandung zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai tambahan nutrisi selama periode kehamilan dan juga menyusui.,
  2. Kalsium
    Si Kecil akan menyerap semua kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi dari Ibu. Maka dari itu, jika asupannya tidak ditambah, Ibu berisiko mengalami osteoporosis. Ibu hamil yang berusia lebih dari 24 tahun, membutuhkan kalsium sebanyak 1.200 miligram kalsium per hari. Sedangkan yang berumur di bawah 24 tahun, kebutuhan kalsium per harinya antara 1.200 dan 1.500 miligram.
  3. Asam Folat
    Vitamin ini merupakan salah satu kandungan yang harus ada. Kebutuhan asam folat sebanyak 400-800 mcg per hari harus selalu dipenuhi karena berperan besar dalam perkembangan saraf vital untuk mencegah terjadinya cacat lahir.
  4. Zat Besi
    Anemia menjadi kasus yang sering dialami Ibu hamil yang disebabkan kurangnya asupan zat besi. Makanya, asupan zat besi tidak boleh disepelekan karena berguna untuk membentuk sel darah merah. Anemia karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan si Kecil lahir dengan berat badan rendah.


Setelah membahas kandungan, satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat memilih susu pendukung asupan nutrisi untuk Ibu adalah rasanya harus cocok dan lezat tanpa membuat Ibu mual. Seperti kita ketahui, sensitivitas Ibu saat hamil menjadi bertambah sehingga jika susu yang diminum memiliki bau dan rasa yang menyebabkan mual, Ibu akan mengalami muntah-muntah. Untuk itu, tidak usah bingung lagi mencari susu yang cocok karena ada susu Ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA dengan rasa cokelat yang lezat dapat mendukung asupan nutrisi Ibu selama periode kehamilan dan menyusui.

Artikel Sejenis