Whatsapp Share Like
Simpan

Si Kecil tumbuh sehat dan kuat merupakan idaman setiap Ibu. Namun untuk mencapainya banyak hal yang harus dilakukan. Terkadang timbul berbagai masalah mulai dari berat dan tinggi badan yang kurang, si Kecil yang masih sulit merangkak, dan lain sebagainya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), idealnya bayi berusia 10 bulan memiliki berat badan normal 9 sampai dengan 11 kg untuk laki-laki dan 8,5 sampai 10 kg untuk perempuan, untuk tinggi badan, standar untuk bayi 10 bulan pun bervariasi. Bayi laki-laki biasanya memiliki tinggi 73-78 cm, sementara bayi perempuan memiliki tinggi 70-76 cm. Namun, kecepatan peningkatan berat dan tinggi badan tiap bayi berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh riwayat kelahirannya, asupan nutrisi, penyakit, ataupun keturunan. Akan tetapi ada hal-hal lain yang bisa dilakukan Ibu untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta menjaga kesehatan si Kecil. Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan mulai saat ini.

  1. Jangan pernah tinggalkan si Kecil sendirian

    Ini adalah hal dasar yang wajib diperhatikan oleh Ibu. Di usia 10 bulan, gerak si Kecil akan semakin aktif dibandingkan sebelumnya. Si Kecil tidak hanya merangkak tetapi juga kuat untuk jongkok dan berdiri. Pastikan Ibu selalu ada mendampingi si Kecil agar tidak menimbulkan cedera.

    Di bulan sepuluh kehidupannya si Kecil sudah merasakan takut dengan hal-hal yang baru ditemuinya. Ini bisa menyebabkan stres pada si Kecil. Si Kecil bisa saja melakukan perilaku aneh seperti berguling, menarik rambut dan membenturkan kepala. Oleh karena itu peran Ibu sangat dibutuhkan untuk tidak meninggalkan si Kecil sendirian dan mendengarkan apa keinginannya.

  2. Membuka jendela untuk kesehatan si Kecil

    Cuaca panas di rumah seringkali memerlukan Air Conditioner (AC) untuk membuatnya tetap sejuk. Terlebih lagi pintu dan jendela akan ditutup agar udara dingin yang dihasilkan AC lebih maksimal. Namun, Ibu harus berhati-hati karena ini bisa membahayakan kesehatan si Kecil. Si Kecil yang lebih banyak terpapar udara dari AC tidak akan kuat jika terkena udara bebas.

    Artikel Sejenis

    Biasakan si Kecil mendapatkan sinar matahari pagi dan menghirup udara luar. Usahakan rumah mempunyai ventilasi yang baik atau buka jendela sesekali agar tidak terasa pengap.

  3. Atur Jadwal Makan

    Dalam tahap tumbuh kembang, si Kecil harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Namun, di usia ini seringkali timbul masalah pada nafsu makan si Kecil. Pergerakan yang aktif juga membuat berat badan si Kecil menurun dan ini akan berdampak pada kesehatannya. Untuk mengatasi permasalahan ini, cobalah membuat jadwal makan teratur. Biasakan si Kecil untuk mengikuti jadwal ini setiap hari. Ini akan membuat si Kecil merasa lapar ketika jam makannya telah tiba. Dan biasakan si Kecil untuk menghabiskan makanannya. Satu lagi yang paling penting agar Ibu selalu memberikan pengalaman makan yang menyenangkan.

  4. Cukupi Asupan Nutrisi

    Pada usia 10 bulan, si Kecil perlu mengonsumsi makanan padat tiga kali sehari ditambah dengan makanan ringan sebanyak dua kali. Karena nafsu makan si Kecil yang cenderung turun, Ibu mempunyai pekerjaan rumah untuk membuat makanan yang lebih bervariasi. Sebaiknya Ibu membuat makanan berwarna-warni yang bisa menarik perhatian dan menambah nafsu makan si Kecil. Memberikan si Kecil jenis makanan yang sama setiap hari akan membatasi keinginannya untuk mencoba makanan baru.

    Namun, jangan sembarangan memberi makan si Kecil ya Bu. Ibu harus memperhatikan kandungan gizinya juga. Bayi usia 10 bulan harus menerima cukup karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, dan mineral. Zat gizi ini bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan seperti telur, ikan, ayam, daging, kacang, buah-buahan, sayur, sereal, beras merah, dan masih banyak lagi. Kurangi juga asupan lemak dan gula karena kandungan ini tidak sehat dan bisa menyebabkan kerusakan gigi sedari dini.

    Namun, meski si Kecil telah mengkonsumsi makanan padat, susu masih menjadi sumber makanan terpenting. Ibu jangan sampai berhenti memberikan ASI kepada si Kecil karena si Kecil membutuhkan 570-960 gram susu setiap harinya.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk menjaga kesehatan si Kecil. Berikan stimulasi dari luar dengan kebiasaan-kebiasaan baik agar si Kecil bisa mengikutinya. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan waktu istirahat si Kecil ya, Bu. Karena bayi yang sering sakit atau tidak mendapatkan gizi yang cukup akan sulit mencapai tumbuh kembang bayi 10 bulan yang ideal.