Whatsapp Share Like
Simpan

Anak yang sehat dan kuat tidak terjadi dengan sendirinya. Asupan nutrisi serta gerak fisik yang aktif, menjadi dua faktor penting dalam kesehatan dan kekuatan fisik anak. Ibu, dalam hal ini, perlu memastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi dan gizi yang cukup sehingga setiap aktivitas yang dilakukannya mendapatkan sumber tenaga yang baik. Selanjutnya, yang perlu Ibu perhatikan adalah variasi jenis makanan yang diberikan. Mengapa penting? Sebab dengan variasi makanan, Ibu dapat menjaga nafsu makan anak tetap tinggi. Si Kecil tidak akan cepat bosan pada sajian makanan yang diberikan, sehingga bisa makan dengan lahap. Tidak perlu banyak, sesuaikan porsi dengan usia dan kebutuhan si Kecil.

Konsumsi makanan yang bernutrisi selin tidak hanya mendukung pertumbuhan fisik, tetapi juga juga berpengaruh pada pertumbuhan otak si Kecil. Terlebih untuk usia 5 tahun, dimana si Kecil sedang sangat aktif untuk mempelajari hal baru, nutrisi otak sangat diperlukan agar proses belajarnya bisa maksimal. Daftar makanan yang bernutrisi, baik untuk fisik dan otak, sangat mudah ditemukan pada berbagai sumber.

Jenis Makanan Bernutrisi yang Baik untuk Kesehatannya

Melakukan konsultasi dengan dokter anak kepercayaan akan membantu Ibu dalam menyusun daftar makanan yang diperlukan si Kecil. Untuk memberikan gambaran, berikut makanan yang bernutrisi dan baik untuk perkembangan fisik dan otak si Kecil.

  1. Susu

    Susu telah lama dikenal sebagai sumber Protein dan Kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang si Kecil. Konsumsi susu yang cukup setiap hari, akan menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi si Kecil. Biasanya porsi wajar untuk anak usia 5 tahun adalah 2 hingga 3 gelas susu dalam sehari, tergantung dengan konsumsi makanan lain yang kaya Kalsium dan Protein.

  2. Apel

    Ungkapan ‘An Apple a Day, Keeps the Doctors Away’ banyak dijadikan pegangan untuk pola hidup sehat. Ternyata apel juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan si Kecil. Kandungan Vitamin C dan serat yang ada pada apel dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil dan menjaga kelancaran pencernaannya.

    Artikel Sejenis

  3. Selai kacang

    Kandungan lemak baik yang ada pada selai kacang bisa menjadi sumber tenaga si Kecil dalam aktivitasnya. Selain enak, selai kacang juga mudah dipadupadankan dengan berbagai makanan lain. Selai kacang bisa jadi makanan ringan yang rutin dikonsumsi sebagai salah satu alternatif asupan lemak baik untuk si Kecil.

  4. Ikan tuna

    Ikan tuna, seperti kebanyakan ikan berasal dari laut yang lain, memiliki kandungan Protein tinggi. Selain itu, Omega 3 yang ada di dalamnya sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil. Untuk makanan yang satu ini, Ibu bisa memberikannya pada takaran dua hingga tiga kali dalam seminggu.

  5. Telur

    Memiliki kandungan Protein yang tinggi dan Zat Besi, telur bisa jadi makanan yang sangat baik untuk si Kecil. Meski kabarnya telur mengandung kolesterol, namun ternyata kandungan lemak baik pada telur bisa menutup kekurangan tersebut. Sebutir telur untuk si Kecil akan memberikannya asupan nutrisi yang cukup.

  6. Sayuran

    Dalam daftar makanan sehat manapun, sayuran selalu menjadi bagian di dalamnya. Begitu pula daftar makanan sehat untuk anak usia 5 tahun. Meski sayuran biasanya tidak terlalu disukai oleh anak-anak, namun Ibu bisa mengkreasikan sayuran tersebut menjadi makanan yang nikmat untuk disantap. Tapi ingat, jangan memasak sayuran terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.

  7. Biji bunga matahari

    Ya, biji bunga matahari merupakan camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh si Kecil. Kandungan nutrisinya berupa serat dan Zat Besi, serta Vitamin E, Magnesium hingga Zinc dan Folat. Seluruh nutrisi ini diperlukan si Kecil untuk mendukung pertumbuhan fisiknya agar menjadi kuat dan sehat.

  8. Yogurt

    Jika si Kecil tidak terlalu menyukai susu, Ibu bisa menggantinya dengan konsumsi yogurt. Sama seperti susu, yogurt memiliki kandungan Kalsium yang tinggi. Selalu ingat untuk memilih yogurt dengan dengan kandungan gula rendah dan tambahan prebiotik untuk mendapat manfaat maksimalnya.

Kedelapan makanan dan minuman tadi bisa menjadi pilihan asupan nutrisi untuk si Kecil. Dengan asupan yang seimbang, tubuh si Kecil akan menjadi kuat dan perkembangan otaknya juga maksimal. Pastikan setiap nutrisi seimbang, sehingga tidak akan berdampak buruk pada si Kecil.

Tubuh yang kuat dan otak yang cerdas merupakan modal utama si Kecil dalam menjelajah dunianya. Dengan perhatian penuh Ibu, si Kecil tentu akan menaklukan tantangan yang ditemuinya dengan baik dan proses belajar akan berjalan maksimal. Siapa yang tidak mau si Kecil tumbuh kuat dan pintar?