Whatsapp Share Like
Simpan

Tumbuh kembang fisik si Kecil tentu selalu dipantau bahkan sejak lahir. Tinggi dan berat badan si Kecil selalu diukur untuk memastikan ia sehat. Pengecekan terhadap tubuhnya juga dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah terdapat penyakit atau tidak. Selain perkembangan fisik, perkembangan secara emosional atau psikologis juga penting, lho. Si Kecil yang memiliki emosi stabil serta mempunyai kontrol terhadap mentalnya tentu akan tumbuh menjadi anak yang aktif bergerak, kreatif, dan cerdas. Salah satu tanda bahwa mental si Kecil berkembang dengan baik yaitu adanya rasa peduli yang tinggi dalam diri si Kecil. Ibu bisa membantu menumbuhkan rasa peduli si Kecil yang berusia 15 bulan dengan 7 aktivitas sederhana. Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Biasakan si Kecil untuk disiplin di semua hal

    Apapun jenis aktivitas yang Ibu lakukan bersama si Kecil, selalu tanamkan padanya bahwa ia harus disiplin. Misalnya, jika ia telah selesai bermain dengan mainannya, maka ia harus menata dan mengembalikan ke dalam kotak mainan sendiri. Hal ini selain menumbuhkan kemandirian, juga akan mengasah rasa peduli si Kecil terhadap dirinya sendiri. Si Kecil akan belajar bahwa dengan menjadi disiplin, ia berarti peduli pada dirinya sendiri. Menjaga diri sendiri merupakan hal terpenting dan sebaiknya dibiasakan sejak kecil melalui kedisiplinan pada setiap aktivitas yang dilakukan.

  2. Meminta tolong pada si Kecil untuk membantu

    Untuk menumbuhkan rasa peduli pada sesama, si Kecil diharapkan mengenal apa itu menolong terlebih dahulu. Ibu dapat meminta tolong kepada si Kecil untuk membantu. Misalnya, saat si Kecil duduk di sebelah buku, Ibu dapat mencoba meminta tolong untuk mengambilkannya. Lambat laun, ia akan mulai bisa berinisiatif menolong karena peduli tanpa perlu diminta terlebih dahulu karena kepekaannya telah terasah.

  3. Ajak si Kecil untuk merawat tanaman

    Pada usia 15 bulan, motorik si Kecil telah berkembang cukup pesat. Ibu sudah bisa sering mengajak si Kecil beraktivitas di halaman atau kebun. Ajaklah si Kecil untuk menanam dan merawat tanaman. Hal ini akan membantu menumbuhkan rasa peduli si Kecil terhadap makhluk lain selain manusia terutama tanaman. Si Kecil akan mulai memahami bahwa tumbuhan juga perlu dirawat dan diberikan kasih sayang.

  4. Bacakan cerita yang mengandung rasa peduli

    Aktivitas lain yang bisa membantu menumbuhkan rasa peduli dalam diri si Kecil adalah membacakan cerita untuknya. Pilihkan cerita yang mudah dipahami dan memiliki unsur kepedulian di dalamnya. Si Kecil berusia 15 bulan biasanya sudah bisa memahami apa yang ibu katakana meski belum bisa menjawab dengan jelas.

    Artikel Sejenis

  5. Berikan tontonan khusus dan sesuai untuk si Kecil

    Aktivitas yang melibatkan unsur audio visual tentu akan lebih efektif. Ibu bisa mencoba memberikan tontonan khusus yang sekiranya dapat menumbuhkan rasa peduli dalam diri si Kecil. Film dokumenter mengenai alam dapat menjadi salah satu pilihan menarik, lho.

  6. Tunjukkan sikap peduli setiap hari

    Pada usia 15 bulan si Kecil akan sering mengamati perilaku Ibu untuk kemudian menirukannya. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya selalu menunjukkan sikap-sikap yang disertai rasa peduli terhadap berbagai hal. Dengan begitu si Kecil akan memahami pentingnya kepedulian dan kasih sayang.

Itulah 7 aktivitas sederhana yang bisa Ibu terapkan untuk menumbuhkan rasa peduli dalam diri si Kecil. Berbagai kegiatan tersebut tentunya akan semakin komplit apabila ibu memberikan asupan tambahan yang tepat seperti susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Kandungan Selenium, Serat Pangan Inulin, Vitamin A, C, dan E dapat membuat si Kecil Kuat. Dengan begitu, ia menjadi lebih cepat memahami suatu hal termasuk dalam hal menumbuhkan rasa peduli dalam dirinya. Varian rasa susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang tersedia tentunya disukai oleh si Kecil seperti madu, vanila, dan coklat. Berikan asupan susu secara teratur bersamaan dengan aktivitas yang mendukung tentunya si Kecil akan selalu pintar, kuat serta tinggi.