Share Like
Simpan

Di usia awal kehamilan, bukan hanya Ibu yang merasa bahagia, orang di sekitar kita juga, Bu! Salah satu bentuk kepedulian mereka adalah dengan memberikan wejangan atau nasihat, terutama dari mereka yang sudah terlebih dahulu memiliki anak.  Biasanya sih, topik yang dibicarakan tidak jauh-jauh dari cara menjaga kebugaran tubuh atau nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan janin.

Nah, dari sekian banyak wejangan yang diberikan, Ibu tentu pernah mendengar mitos seputar nanas yang bisa menyebabkan keguguran terutama di masa awal kehamilan, kan? Sebagai salah satu penyuka buah asam ini, awalnya saya tidak begitu percaya dengan mitos tersebut. Sampai pada suatu hari, seorang teman menunjukkan kepada saya sebuah artikel yang membahas serba-serbi buah berwarna kuning ini apabila dikonsumsi di awal masa kehamilan. Yuk, simak pembahasannya di sini!

Sebetulnya, apa sih yang membuat nanas dipercaya bisa menyebabkan keguguran? Menurut penulis buku What to Eat When You're Pregnant, Rana Conway, kepercayaan ini berasal dari adanya kandungan pada nanas yang bernama Bromelain. Apa yang salah dari kandungan Bromelain ini? Bromelain berfungsi untuk memecah protein di dalam tubuh dan menyebabkan rahim menjadi lemah. Mengingat janin yang baru dikandung belum begitu kuat, maka dengan mengonsumsi buah nanas terlalu banyak, bisa meningkatkan risiko terjadinya perdarahan bahkan keguguran.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak buah nanas saat hamil (terutama yang buahnya belum benar-benar matang) dapat meningkatkan aktivitas uterus dan membahayakan stabilitas kehamilan. Bagi janin yang masih berkembang secara bertahap, produksi urin yang berlebihan juga bisa berisiko menghambat pertumbuhan janin, Bu.

Meski terdengar mengancam, saya juga diberi tahu soal kebaikan buah berduri halus ini. Oleh karena itu, menurut saya, alangkah baiknya jika Ibu tidak langsung menjadikan buah cantik ini menjadi ‘musuh’ selama hamil. Buah ini bisa berbahaya bagi Ibu dan janin hanya apabila disantap dalam jumlah besar. Sebaliknya, jika porsinya tepat, nanas juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho, seperti:

Kaya akan Vitamin dan Mineral

Nanas mengandung banyak sekali Vitamin serta Mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Biasanya, buah ini baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan produksi urin, serta anti-inflamasi.

Antioksidan alami

Kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah nanas, bisa menjadi antioksidan alami bagi tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem imun terutama di saat hamil.

Mengandung Potasium tinggi

Bu, meskipun rasanya asam, tapi nanas memiliki kandungan Potasium yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu kita menjaga kesehatan ginjal serta menurunkan tekanan darah.

Mempercantik kulit

Seperti yang kita ketahui, selama hamil tentu akan ada banyak perubahan yang terjadi pada bagian tubuh, termasuk salah satunya kulit. Nah, ternyata, nanas juga dipercaya dapat membantu berkurangnya jerawat dan bisa mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Kok bisa? Kandungan Kolagen yang dimiliki oleh buah nanas dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit sehingga tetap terlihat kencang dan sehat.

Bagaimana, Bu? Masih ragu dengan keamanan mengonsumsi nanas saat hamil? Jika Ibu ingin jawaban yang lebih pasti, akan lebih baik lagi apabila Ibu berkonsultasi secara langsung dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsinya.

Selamat menjalani masa kehamilan, Bu!