Share Like
Simpan

Peneliti di bidang perkembangan otak telah membuktikan bahwa lingkungan si Kecil sangat berperan dalam perkembangan otak yang sehat dan optimal. Pada usia 1 tahun pertama, otak si Kecil banyak memiliki aktivitas elektrik yang saling berhubungan dan penghubung tersebut disebut sebagai sinaps. Jumlah stimulasi yang diterima si Kecil akan mempengaruhi jumlah sinaps yang terbentuk. Stimulasi yang diulang secara konsisten akan memperkuat jalinan antar sinaps dan membuatnya menjadi permanen dan hingga usia dua tahun adalah periode waktu kritis pertumbuhan otak si Kecil.

Beberapa hal yang dapat dilakukan Ibu untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil sejak awal, diantaranya :
• Cinta. Cinta dan kasih sayang, serta perhatian adalah kebutuhan si Kecil yang paling besar yang diperlukan untuk membangun rasa percaya diri yang kuat dan meningkatkan perkembangan sirkuit otak.
• Ajak si Kecil bicara dan bernyanyi. Kekayaan perbendaharaan kata-kata yang terkandung dalam suatu lagu dan dinyanyikan dengan ekspresif, atau Ibu sambil menceritakan kegiatan yang sedang Ibu lakukan (misalnya saat Ibu menyiapkan makanan atau membuat daftar belanja), memperlihatkan bagaimana Ibu bertindak atau memecahkan masalah, juga akan membantu perkembangan kecerdasannya.
• Tanggapan. Berikan tanggapan pada si Kecil tanpa pamrih, namun tidak berarti memanjakannya.
• Sentuhan. Sentuhan yang lembut, belaian dan usapan sambil memandang si Kecil penuh cinta saat Ibu memberi makan, mengganti popok, memandikannya. Hindari meninggalkan si Kecil dalam waktu yang cukup lama saat ia berada di kursi bayi atau boks.
• Latihan meniru. Si Kecil akan mempelajari mimik atau ekspresi muka Ibu serta mempelajari artinya. Berikanlah respon yang baik saat ia dapat meniru suara Ibu, walau saat ini terdengar ocehan yang kurang jelas. Latihlah untuk dapat meniru ucapan Ibu.
• Ajaklah bekeliling melihat situasi lingkungan sekitarnya, seperti ke mini market, taman, atau ajaklah berkunjung ke sanak saudara agar si Kecil memperoleh pengalaman yang baik.
• Bacakan buku. Walau saat ini si Kecil belum dapat mengikuti alur ceritanya, namun ia dapat melihat gambar dan mendengar suara Ibu saat menceritakan atau menirukan percakapan dalam cerita.
• Mainkan musik dan nyanyikanlah lagu yang memiliki irama yang baik.