Share Like
Simpan

Hai, Ibu! Wah, senangnya. Memasuki tahap batita, si Kecil sudah semakin aktif, ya. Dulu, anak saya pun begitu, Bu. Dia jadi suka penasaran saat melihat, mendengar, atau bahkan mencium hal yang belum pernah ditemukannya. Menggemaskan sekali, deh!

Melihat perkembangannya itu, saya kemudian jadi penasaran. Kira-kira, apa ya yang bisa saya lakukan supaya proses tumbuh kembangnya si Kecil ini bisa terus berjalan optimal? Setelah browsing dan bertanya-tanya dengan teman, saya mendapatkan satu info menarik. Ternyata, kita juga bisa lho, mengoptimalkan aktivitas belajar si Kecil dengan memanfaatkan hal yang ada di sekelilingnya. Nah, Ibu juga jadi penasaran, kan? Berikut ini ada beberapa tips yang berhasil saya kumpulkan. Selamat membaca!

Saat Makan Bersama

Biasanya nih, acara makan bersama si Kecil di tahap batita seringkali jadi momok tersendiri bagi kita. Ini karena dia saat ini susah untuk duduk tenang, Bu. Belum lagi kalau si Kecil ternyata lebih suka memegang dan memainkan makanannya ketimbang memakannya. Nah, tapi ternyata tingkahnya itu memiliki manfaat tersendiri. Hasil riset yang dirilis oleh jurnal Development Science mengatakan kalau anak yang suka memainkan makanan ternyata lebih cepat belajar mengenali jenis makanannya, ketimbang yang hanya dikenalkan lewat ucapan saja. Ini karena lewat interaksinya tersebut, si Kecil sebenarnya sedang berusaha mengenali jenis makanan yang disantapnya satu per satu, Bu.

Untuk itu, Ibu bisa mencoba sajikan ragam camilan atau jenis makanan yang memiliki berbagai macam tekstur dan warna untuk si Kecil. Kemudian, kenalkan kepada si Kecil sambil membiarkan dia menyentuhnya satu per satu, misalnya dengan cara, “Ini namanya buah mangga. Manis ya rasanya!”

Saat Berjalan-jalan di Taman

Nah, ini salah satu kegiatan yang selalu saya tunggu-tunggu, Bu! Bahagia rasanya kalau bisa jalan-jalan santai di taman dengan dua orang favorit saya, Ayah dan si Kecil. Tapi sembari berekreasi bersama, ternyata kita juga bisa mengajak si Kecil belajar dengan bantuan tanaman, hewan, dan hal lainnya di taman, lho. Misalnya, dengan membuat permainan sederhana seperti:

  1. Mengajak si Kecil membandingkan gambar hewan di buku bergambar dengan bentuk aslinya yang ditemui di taman.
  2. Membuat permainan berburu harta karun dengan mendampingi si Kecil mencari aneka bentuk daun, ranting, ayunan, mainan jungkat-jungkit, dan sebagainya.
  3. Menggambar peta taman yang sederhana sambil mengajaknya memperhatikan hal apa saja yang ada di sana.

 

Saat Berada di Dalam Mobil

Duduk diam di dalam mobil selama perjalanan panjang biasanya menjadi hal yang paling membosankan bagi si Kecil saat ini, Bu. Untuk itu, bagaimana kalau kita mengajaknya bermain bersama? Permainan-permainan tersebut juga bisa kita pakai untuk sarana belajarnya lho, Bu. Berikut ada beberapa permainan yang bisa Ibu pakai:

  1. Yuk, coba ajak sI Kecil mencari kendaraan atau obyek dengan warna tertentu sepanjang perjalanan, misalnya yang berwarna merah atau hijau. Ini akan membuatnya bisa belajar tentang ragam warna.
  2. Sambil menikmati pemandangan dari dalam mobil, ajak juga si Kecil bermain berhitung. Sebagai contoh, minta dia menghitung jumlah pohon atau binatang yang ada ditemuinya di sepanjang jalan.
  3. Ibu juga dapat mencoba permainan favorit saya, Tebak Benda. Ibu bisa memilih satu buah benda yang ada di dalam mobil, lalu berikan 4-5 kata yang mendeskripsikan benda itu, kemudian minta dia menebaknya. Kalau si Kecil benar, berikan tepuk tangan dan pujian untuknya, ya!

Mudah kan, Bu? Selamat mencoba dan kalau Ibu punya tips seru lainnya, jangan ragu untuk di-share di sini, ya!