Share Like
Simpan

Hai, Bu! Suasana Natal dan Tahun Baru masih kental terasa di tengah kita. Hari Raya seperti ini, juga merupakan momen yang tepat bagi Ibu untuk menghabiskan waktu bersama si Kecil dan keluarga. Sambil liburan, si Kecil bisa mempelajari hal-hal baru dari lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga.

Saya ingat sekali, dulu saya sering menjadikan momen Hari Raya untuk melatih perkembangan sosial si Kecil. Caranya ialah dengan mengenalkan tradisi keluarga yang biasa kita jalani pada peringatan Hari Raya yang menyenangkan. Metode ini bisa mengajarkan si Kecil bersosialisasi, Ibu pun bisa menjalin keakraban dengan anggota keluarga lainnya.

Kalau saya, salah satu tradisi keluarga yang biasa dilakukan pada perayaan Hari Raya ialah berdoa bersama. Saya ajak si Kecil untuk ikut masuk ke dalam lingkaran keluarga, kemudian kami pun berdoa bersama-sama. Meski belum mengerti kegiatan ini dengan baik, mengikutsertakan si Kecil pada kebiasaan doa bersama tersebut bisa menjadi awal yang baik. Si Kecil akan paham bahwa ia merupakan bagian dari suatu ‘kelompok’ yang lebih besar dari dirinya.

Tradisi keluarga lainnya yang tidak kalah menarik ialah tukar kado. Umumnya di tengah perayaan Natal dan Tahun Baru seperti sekarang ini, tukar kado merupakan hal yang sering dilakukan. Hal ini saya manfaatkan untuk mengajarkan si Kecil belajar berbagi. Si Kecil akan melihat bahwa orang lain akan menunjukkan ekspresi gembira ketika diberikan hadiah oleh orang lain. Dengan begitu, secara perlahan ia mendapatkan pengertian bahwa memberi merupakan perbuatan yang baik untuk dilakukan.

Selain itu, saya juga mengajak si Kecil untuk ikut bersilahturahmi. Mengunjungi keluarga besar dan kerabat dekat di Hari Raya merupakan hal yang menyenangkan, terlebih bila dilakukan bersama si Kecil. Ajaklah ia untuk turut bersilahturahmi bersama Ibu. Kenalkan si Kecil pada tamu lainnya. Mungkin ia akan merasa malu pada awalnya. Namun, perlahan si Kecil akan mulai terbiasa dengan suasana ramai tersebut dan mencoba untuk bersikap santai. Ibu pun bisa membimbing si Kecil untuk menyapa atau memberikan salam pada orang-orang baru yang ia temui

Bagaimana, Bu? Seru juga ya, mengenalkan tradisi keluarga di Hari Raya pada si Kecil. Perlu diingat, sebaiknya Ibu terus mendampingi si Kecil di tengah acara keluarga yang Ibu ikuti. Perhatikan raut wajah atau gelagat si Kecil, jangan sampai ia merasa tidak nyaman dengan keadaan di sekelilingnya. Dengan begitu, si Kecil pun akan lebih bersemangat lagi untuk menjelajahi lingkungan serta orang-orang baru yang ia temukan.

Nah, agar proses jelajah si Kecil berjalan dengan optimal, perhatikan kebutuhan nutrisinya dengan baik ya, Bu! Berikan si Kecil asupan yang bergizi untuk mendukung perkembangannya. Dulu, saya melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan memberikan Frisian Flag Jelajah. Susu pertumbuhan ini kaya akan  kombinasi tinggi Protein, Zat Besi, Iodium, Selenium, Seng, Vitamin A, C, & E serta Inulin. Semuanya merupakan nutrisi kunci yang si Kecil butuhkan untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Ia pun tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Bu, sekian cerita saya kali ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, ya. Selamat berlibur bersama si Kecil!