Share Like
Simpan

Kecerdasan logis/matematis menjadikan si Kecil mampu memahami konsep sebab akibat atau dapat mengolah angka. Dengan kemampuan ini, si Kecil dapat menganalisa sesuatu secara logis, dan selalu ‘mengejar’ Ibu untuk memberikan penjelasan logis/rasional dari setiap hal yang dilihat atau ditanyakan. Dan dengan kecerdasan ini pula, si Kecil akan memiliki kemampuan untuk mengelompokkan, mengukur dan menghitung benda-benda.

Ibu dapat mengasah kecerdasan logis/matematis si Kecil dengan beberapa cara, diantaranya :

Bermain dengan angka
Tuliskan angka dengan ukuran cukup besar diatas kertas putih, lalu kenalkan pada si Kecil. Setelah itu, ajak si Kecil bermain angka, misalnya dengan menghitung jumlah matanya atau jari tangannya, atau menghitung bola-bola kecil yang ada di kamarnya.

Mengenalkan bentuk
Aneka bentuk mainan atau benda-benda yang ada di rumah dapat dijadikan alat untuk memperkenalkan bentuk-bentuk geometris kepada si Kecil. Bola untuk bentuk bulat, kotak mainan yang berbentuk persegi, telur berbentuk oval, dll.

Menyusun pola
Kumpulkan mainan atau benda-benda yang ada di kamar si Kecil. Ajak si Kecil untuk mengumpulkan benda dengan warna yang sama, atau untuk mengurutkan benda berdasarkan ukurannya, atau berdasarkan bentuknya

Mengenal hari
Kenalkan nama-nama hari sesuai urutannya. Untuk memahaminya, bisa dibantu misalnya dengan seragam yang dipakai oleh kakaknya. Hari Senin kakak pasti pakai seragam putih-putih, hari Selasa seragam putih merah, hari Rabu seragam pramuka, dst. Nah ketika kakaknya telah siap dengan pakaian seragamnya, tanyakan pada si Kecil “hari ini hari apa ya dik?”.

Menyusun puzzle
Ibu bisa membeli mainan puzzle yang seuai dengan si Kecil yang baru berusia 4-6 tahun. Atau Ibu bisa membuat sendiri puzzle dari gambar di majalah yang kemudian Ibu potong menjadi kepingan-kepingan.

Mengamati wujud benda
Kenalkan si Kecil dengan berbagai wujud benda, cair, padat, uap dan embun. Ketika sedang menemani Ibu membuat susu di dapur, perlihatkan bagaimana sekeping es batu yang jika dibiarkan dalam suhu ruangan akan berubah menjadi cair. Ajak si Kecil untuk berjalan di kebun di pagi hari, perlihatkan embun yang menempel di dedaunan. Berikanlah penjelasan sederhana ketika Ibu memperkenalkan aneka wujud benda tersebut.