Share Like
Simpan

Si Kecil yang semakin besar mulai mau tahu segalanya. Saat Ibu menyiapkan hidangan untuk keluarga pun kadang-kadang si Kecil ikut sibuk. Mengapa dua hal itu tidak disatukan oleh Ibu? Masak bersama si Kecil bisa menjadi kegiatan menyenangkan, sekaligus bisa mengasah kreativitasnya. Dengan memasak dan mengenal makanan yang sehat sejak dini, si Kecil akan belajar dan terbiasa makan makanan sehat sejak kecil.

Kegiatan memasak biasanya mulai menarik perhatian anak usia dua tahun ke atas. Meski awalnya lebih banyak merecoki dapur Ibu, namun setidaknya anak sudah menunjukkan ketertarikannya. Ibu bisa mulai melibatkan anak dari hal-hal kecil. Misalnya, dengan mengambilkan sayuran dari dalam kulkas, atau menunjukkan gambar-gambar makanan yang menarik.


Sebelum mengajaknya membuat masakan sederhana, Ibu bisa mulai memperkenalkan aneka jenis makanan pada si Kecil. Langkah awal untuk itu adalah:

  • mengenalkan sayuran beraneka warna: wortel, labu, bayam, brokoli, kentang, dan lain-lain
  • mengenalkan buah-buahan: pisang, pepaya, apel, jeruk, jambu, dan lain-lain
  • mengenalkan aneka polong-polongan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

 

Bagi ibu bekerja atau yang sibuk dengan berbagai urusan lain, belakangan ini memasak bukan lagi hal yang terlalu merepotkan atau menyita waktu lama. Banyak peralatan dapur yang membantu Ibu menyiapkan makanan lebih mudah dengan warna menarik dan aman untuk mengolah makanan. Tugas memasak ibu pun jadi lebih mudah.

Bila kegiatan memasak dengan si Kecil terus berlanjut, diharapkan anak akan mencontoh pola makan yang sehat dari orang tua. Bagi ibu-ibu yang lebih senang memasak sendiri untuk keluarga, dapat dipastikan kesehatan keluarga jadi lebih terjaga, karena ibu pasti akan menyiapkan makanan sehat.

Jadikanlah kegiatan memasak bersama si Kecil menjadi agenda harian ibu. Kedekatan ibu-anak akan semakin erat, sekaligus menjadi waktu untuk bergembira bersama. Nah, untuk menemani ibu menghabiskan momen gembira ini kami mempersembahkan cooker set Maxim, yang akan memudahkan ibu memasak dengan cepat agar tak membuat si Kecil bosan. Untuk memilikinya secara gratis, segera bergabunglah di Komunitas Ibu dan Balita dan tukarkan poin Ibu dengan cooker set Maxim di Zona Tukar Hadiah di kota Ibu, klik untuk lihat jadwal.