Whatsapp Share Like
Simpan

Ibu mana sih yang tidak ingin buah hatinya cerdas dan sehat? Saya pun sebagai Ibu menginginkan anak saya tumbuh menjadi individu yang cerdas dan memiliki badan sehat. Untuk mencapai hal tersebut bisa dimulai dari memberikan makanan yang bernutrisi tinggi saat ia mulai memasuki masa MPASI, yakni di usia 6 bulan. Ingin tahu makanan bayi 6 bulan apa saja yang bisa meningkatkan kecerdasan otak dan menambah berat badan? Berikut informasi yang sudah saya rangkum untuk Ibu:

Yogurt

Yogurt bisa menjadi pilihan yang tepat untuk camilan sehat bayi. Rasanya yang enak dan menyegarkan bisa dimakan langsung ataupun dicampur dengan makanan lain. Produk olahan susu ini sangat sehat lho, Bu. Yogurt kaya akan protein, lemak sehat, hingga kalsium yang baik untuk mengembangkan sel-sel otak serta kesehatan tulangnya. Selain itu yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu membangun microbiome yang kuat.

Keju

Selain yogurt, produk olahan susu lainnya yang baik sebagai makanan bayi 6 bulan adalah keju. Salah satu manfaat keju untuk anak adalah untuk mengembangkan serabut-serabut sel saraf dan otak yang didapat dari asam lemak linoleat dan linoleat.

Selain itu keju juga ampuh untuk meningkatkan berat badan bayi karena kaya akan protein, vitamin, kalsium, selenium, dan fosfor. Ibu bisa menyajikan keju dengan cara dipotong kecil-kecil untuk dijadikan camilan sehat ataupun dicampur dengan sayuran, buah, atau nasi tim.

Sereal Gandum

Jika bayi bosan dengan nasi, Ibu bisa mengganti dengan sumber karbohidrat lainnya seperti sereal gandum. Selain menjadi sumber karbohidrat yang sehat bagi bayi, sereal gandum juga kaya akan protein, mineral, dan serat yang kaya manfaat. Di antara manfaatnya adalah sumber energi, antibodi, membentuk hormon dan enzim, serta membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh.

Artikel Sejenis

Untuk bayi berusia 6 bulan, penyajiannya bisa dengan cara menghaluskan sereal gandum terlebih dulu kemudian direbus dengan air. Setelah itu bisa dicampur dengan ASI, susu, yogurt, dan sayur atau buah.

Alpukat

Sebagai perkenalan awal, makanan bayi 6 bulan bisa berupa buah alpukat. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak akan membuat bayi mudah untuk memakannya. Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini juga memiliki banyak gizi yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Di antaranya ada lemak, vitamin, mineral, dan asam folat yang berperan dalam perkembangan sel otak serta penambah berat badan bayi.

Telur

Ingin memasak menu MPASI yang simpel, murah, tapi kaya nutrisi? Telur adalah jawabannya, Bu. Telur kaya protein, vitamin, mineral, kolin, dan DHA yang sangat penting dalam membantu perkembangan otak dan dapat meningkatkan berat badan bayi. Ibu bisa mengolahnya menjadi aneka makanan yang lezat, bergizi, dan tentunya kaya manfaat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ternyata merupakan sumber nutrisi yang baik untuk dikonsumsi bayi lho, Bu. Beberapa nutrisi yang bisa didapat dari kacang-kacangan antara lain protein, lemak baik, hingga vitamin. Untuk bayi, pilihan kacang yang bisa dijadikan menu MPASI adalah almond, kacang mete, dan kacang tanah. Agar mudah dimakan bayi di usia 6 bulan, haluskan kacang lalu campurkan ke dalam menu makannya, Bu. Namun lihatlah reaksinya apakah ia alergi terhadap kacang atau tidak.

Apel

Pilihan buah yang pas untuk makanan bayi 6 bulan salah satunya adalah apel. Memiliki rasa yang manis, apel mengandung zat quercetin yang dapat membantu merangsang aktivitas otak. Zat ini juga bermanfaat sebagai antioksidan kuat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah hati Ibu pun akan menjadi anak yang cerdas dan lebih jarang sakit.

Sayuran Hijau

Sayur-sayuran harus diperkenalkan kepada anak sejak dini, Bu, karena manfaatnya sangat banyak bagi tubuh mungilnya. Sayuran hijau, khususnya, mengandung lutein dan vitamin K yang berperan dalam aktivitas otak dengan lebih positif. Contoh sayuran hijau yang bisa Ibu berikan kepada bayi antara lain bayam, sawi, dan kale.

Salmon

Salmon sudah tidak diragukan lagi akan kandungan DHA dan asam lemak omega 3 nya. Keduanya berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak, Bu. Jadi jangan ragu untuk memberikan ikan ini untuk buah hati, ya.

Pisang

Buah lainnya yang sangat baik di masa MPASI bayi adalah pisang. Buah berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dikonsumsi bayi di awal masa makannya. Tak hanya itu saja, pisang juga baik jika ingin menambah berat badan bayi karena mengandung lebih dari 100 kalori. Kemudian ada kandungan lain berupa karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat makanan.

Kentang

Pilihan makanan bayi 6 bulan yang terakhir adalah kentang sebagai sumber karbohidrat yang sehat dan ampuh dalam meningkatkan berat badan. Teksturnya yang lembut diimbangi dengan kandungan vitamin C, vitamin B6, fosfor, dan mangan, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi.

Tidak sulit kan, Bu, untuk menjadikan buah hati menjadi anak yang cerdas dan sehat? Daftar makanan bayi 6 bulan tersebut bisa Ibu berikan kepada buah hati tercinta untuk menu sehat MPASI-nya. Berikan secara bergantian sebagai variasi agar ia tidak bosan ya, Bu.

Sumber:
popmama.com, doktersehat.com