Share Like
Simpan

Kunci utama makanan sehat adalah menu yang bervariasi, sesuai dengan 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang (Depkes RI, 1996). Menu sehari-hari hendaknya terdiri dari 3 kelompok makanan, yaitu pembangun, pengatur, dan tenaga yang merupakan sumber zat gizi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Kelompok makanan pembangun belum tentu mengandung kelima zat gizi yang diperlukan. Sama halnya dengan kelompok makanan pengatur dan sumber tenaga. Jadi sangat penting untuk menyajikan aneka ragam makanan dalam menu makan sehari-hari. Makan makanan beragam dari semua kelompok makanan akan membantu si Kecil untuk memenuhi kebutuhannya akan kelima zat gizi yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Roti, pasta, nasi goreng atau sereal yang Ibu siapkan sebagai sarapan si Kecil merupakan kelompok makanan tenaga yang kaya akan karbohidrat. Penambahan segelas susu akan melengkapi kebutuhan si Kecil akan protein, lemak, dan mineral (kalsium). Satu piring kecil potongan buah sebagai penutup sarapan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan si Kecil akan vitamin dan mineral.

Untuk makan siang, nasi ditemani sayur bayam dan ayam goreng, memberikan si Kecil karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang baik untuk membantu pencernaannya. Supaya tidak bosan, karbohidrat untuk menu makan malam bisa didapat dari kentang panggang yang disajikan dengan saus putih brokoli smoked beef yang ditaburi keju parut.

Di antara jam-jam makan utama, jangan lupa menyiapkan kudapan untuk si Kecil. Kudapan merupakan bagian penting dari jadwal makan sehari-hari si Kecil. Selain untuk meredam rasa laparnya, kudapan atau cemilan juga berfungsi sebagai sumber energi dan zat gizi. Jadi Ibu sebaiknya selalu menyediakan kudapan yang bergizi.

Ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan dalam menyiapkan kudapan untuk si Kecil :

  • Hindari junk food seperti : permen, kue, atau keripik siap saji
  • Berikan karbohidrat kompleks, misalkan gandum seperti : pretzel atau tortila yang terbuat dari gandum utuh, sereal gandum utuh sebagai sumber energi si Kecil
  • ’Campur-campur sehat’ : terbuat dari wortel dan sayuran lain yang telah direbus / dikukus, lalu dicampur dengan mayonaise, atau potongan buah yang dicampur dengan yogurt, atau belahan pisang yang dioles dengan selai kacang
  • ’Sarapan sore’ : sajikan telor orak-arik atau roti panggang sebagai kudapan sore si Kecil
  • Sentuhan manis : sesekali berikan kudapan manis berupa puding bebas lemak, yogurt beku atau smoothie* yang Ibu buat sendiri di rumah.

 

Makan sehat dan akitivitas fisik merupakan kunci utama kebugaran dan kesehatan si Kecil. Kebiasaan makan sehat bisa membantu si Kecil untuk memiliki berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang normal. Kebiasaan makan di waktu kecil juga akan membantu si Kecil menerapkan gaya hidup sehat di masa dewasanya nanti.

* smoothie = minuman kental terbuat dari buah segar, yang kadang dicampur dengan madu, sirup, susu, yogurt atau es krim.