Share Like
Simpan

Sebagai orang tua, Ibu pasti ingin memberi yang terbaik untuk si Kecil salah satunya dengan membelikan beragam mainan anak. Si Kecil memang merasa senang jika memiliki banyak mainan, namun sebenarnya ia justru akan mendapat lebih banyak manfaat jika beraktivitas dengan jumlah mainan yang sedikit.

Ibu ingin tahu apa saja manfaat yang bisa didapat si Kecil jika mempunyai mainan yang sedikit? Langsung saja yuk, simak informasi berikut ini:

1. Meningkatkan kreativitas

Menurut penelitian yang dilakukan oleh 2 orang tenaga medis asal Jerman, Strick dan Schubert, semakin banyak mainan anak yang dimiliki akan semakin minim kreativitas dan imajinasi yang bisa dikembangkan. 

Kedua orang ini melakukan penelitian dengan menyingkirkan sebagian besar mainan anak yang ada di sebuah TK selama 3 bulan dan hasilnya sangat mencengangkan. Meski awalnya anak-anak ini mengalami kebosanan, pada akhirnya mereka justru berhasil menciptakan permainan sendiri dengan barang-barang di sekitarnya.

2. Menumbuhkan kemampuan bersosialisasi 

Jika Ibu memberikan begitu banyak mainan anak kepada si Kecil, ia akan menghabiskan seluruh waktunya dengan mainan-mainan tersebut dan tak sempat melakukan hal lainnya. Namun jika Ibu membatasi mainan anak yang diberikan, si Kecil akan memiliki perhatian lebih terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Ia akan mulai mengobrol dengan teman sebayanya dan mengajak Ibu bermain bersama sehingga kemampuan berkomunikasi si Kecil dengan lingkungan sekitarnya juga jadi lebih baik.

3. Membuat lebih dekat dengan alam

Percayakah Ibu jika semakin sedikit mainan anak yang dimiliki si Kecil, ia akan menjadi lebih dekat dengan alam? Kalau selama ini ia selalu mendekam di dalam rumah dan sibuk dengan aneka mainan yang dimilikinya, cobalah untuk “menyembunyikan” beberapa barang favoritnya. Sebagai gantinya, ajak si Kecil untuk keluar ke halaman dan mengenal berbagai benda yang ada di sekitarnya. Membuat games penjelajahan juga bisa menjadi cara yang asyik untuk mendekatkan si Kecil dengan alam lho, Bu!

4. Meningkatkan rasa kepedulian

Bagi Ibu yang sering dipusingkan dengan kebiasaan si Kecil merusak benda-benda, cobalah menyimpan sebagian besar mainan anak miliknya dan sisakan beberapa yang paling disukai si Kecil. Dalam beberapa saat mungkin ia marah dan rewel, namun selanjutnya si Kecil akan lebih menghargai mainan miliknya karena menyadari jika mainan tersebut rusak, tak ada lagi benda yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu luang. Secara tidak langsung, si Kecil akan belajar lebih peduli terhadap mainannya dan benda-benda lain yang ia miliki.

Bagaimana, Bu? Tertarik untuk mencoba cara ini? Kalau Ibu sudah terlanjur membelikan banyak mainan untuk si Kecil, cobalah menyumbangkan sebagian di antaranya. Ibu juga bisa melakukan rotasi dengan menyimpan sebagian mainan dan memberikan sisanya pada si Kecil sehingga ia dapat memperoleh manfaat maksimal dari jumlah mainan yang sedikit tersebut. Selamat mencoba!