Whatsapp Share Like
Simpan

Apa camilan favorit si Kecil saat ini, Bu? Selain menu makanannya sehari-hari, camilan yang Ibu hidangkan di sela-sela aktivitas bermainnya juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi si Kecil. Oleh karena itu, untuk mendukung pertumbuhannya, pastikan Ibu memberikan camilan yang sehat dan bermanfaat untuknya.

Kira-kira jenis camilan apa yang baik untuknya saat ini, ya? Berikut adalah beberapa contohnya:

Buah segar seperti buah apel, pisang, semangka, atau melon biasanya menjadi pilihan banyak Ibu untuk dijadikan camilan di sela-sela aktivitas si Kecil. Selain kandungan gula dan lemak yang rendah, buah ini memiliki banyak vitamin yang dapat mendukung tumbuh kembangnya saat ini. 

Jika Ibu khawatir dengan kandungan MSG pada kentang goreng yang Ibu beli di luar, Ibu bisa membuat kentang goreng sendiri di rumah. Kandungan karbohidrat, vitamin A, B6, dan vitamin C pada kentang sangat berguna bagi tubuh si Kecil yang selalu aktif.  

Tidak hanya bagus untuk sarapan, roti dengan selai kacang juga baik dikonsumsi ketika si Kecil lapar di sela waktu makannya. Kandungan serat serta proteinnya dapat memperlancar pencernaannya dan juga membangun daya tahan tubuh yang baik. Bila ia bosan dengan roti, Ibu bisa menggantinya dengan biskuit atau crackers.

Selain teman ketika makan roti, keju juga dapat dikreasikan dengan buah-buahan. Misalnya pisang bakar dengan keju. Kandungan protein yang tinggi pada keju dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Namun, sebaiknya pilihlah keju rendah lemak untuk dikonsumsi olehnya.

Yogurt rendah lemak terkenal sebagai camilan yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kandungan kalsiumnya juga baik untuk pertumbuhan tulang si Kecil. Ibu bisa menyajikannya bersama dengan potongan buah-buahan segar untuk menambah variasi rasa. 

Di usia pra-sekolah (4-6 tahun), si Kecil membutuhkan banyak nutrisi agar tumbuh kembangnya semakin optimal dan menjauhkannya dari penyakit yang mudah menyerang terutama ketika cuaca sedang tidakmenentu. Di masa tumbuh kembang balita, pola makan teratur merupakan salah satu kunci utama dalam menjaga kesehatannya. Pastikan ia tetap mendapatkan makan besar selama 3 kali sehari dan jika lapar melanda di sela waktu makannya, berikan ia camilan sehat untuk mengisi kembali tenaganya ya, Bu. 

Hindari memberikannya porsi camilan yang besar karena dapat membuatnya merasa kenyang dan enggan mengonsumsi nasi. Sebaiknya Ibu memberikan camilan sesuai dengan aktivitas si Kecil. Jangan sampai karena takut ia menjadi gemuk, Ibu hanya memberikannya porsi yang sedikit. Selama porsi, kandungan gizi, dan aktivitasnya masih seimbang Ibu tidak perlu takut ia menjadi gemuk. Hal ini disebabkan oleh porsi makan besarnya tidaklah begitu banyak seperti layaknya orang dewasa pada umumnya yang dapat memenuhi kebutuhannya ketika makan.   

Apakah si Kecil memiliki alergi pada makanan tertentu? Sebelum memberikannya camilan yang berenergi dan sehat, pastikan terlebih dulu bahwa camilan yang Ibu berikan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu alergi padanya.  Jika ia memang memiliki alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter apa saja makanan yang baik dikonsumsi olehnya agar kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi dengan baik. 

Terus berikan si Kecil asupan nutrisi yang menunjang tumbuh kembang balita ya, Bu. Selain makanan dan camilan bergizi, jangan lupa berikan ia susu pertumbuhan secara rutin setiap hari. Semoga si Kecil menikmati camilan sehatnya!