Share Like
Simpan

Tahukah Ibu bahwa gizi balita yang tercukupi dapat melindungi kesehatan gigi si Kecil? Makanan umumnya memiliki andil yang cukup besar sebagai penyebab masalah pada gigi dan gusi. Ini dapat terjadi jika terjadi penumpukan sisa-sisa makanan yang lalai dibersihkan, utamanya sisa kudapan manis seperti roti, kue, cokelat, dan lain-lain.

Akan tetapi, tak semua makanan menjadi penyebab gangguan kesehatan gigi pada si Kecil. Beberapa jenis makanan yang tepat justru menjadi sumber gizi balita yang bisa menjadi pelindung kesehatan gigi dan gusi si Kecil. Penasaran makanan dan minuman apa saja yang memenuhi gizi balita untuk mengoptimalkan kesehatan gigi dan gusi? Yuk, simak info lengkapnya berikut ini:

  1. Susu

    Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika susu dapat memenuhi kebutuhan gizi balita. Susu dan produk olahan susu lainnya merupakan asupan yang baik untuk dikonsumsi si Kecil karena kaya kalsium. Ibu pasti sudah tahu kan, bahwa kalsium merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pertumbuhan gigi? Itu sebabnya minuman satu ini wajib dikonsumsi si Kecil tersayang setiap hari.

  2. Buah-buahan yang renyah

    Buah-buahan yang renyah dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi seperti apel dan pir bisa dikatakan sebagai sikat gigi alami. Dikatakan demikian karena kandungan air dalam buah tersebut dapat membersihkan gigi secara alami dan dapat mengurangi asam mulut. Maka dari itu, jangan ragu berikan apel dan pir sebagai kudapan untuk si Kecil ya, Bu!

  3. Buah-buahan asam

    Selain buah berdaging renyah, buah-buahan berasa asam seperti jeruk, nanas, sirsak, dan belimbing juga diperkaya vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi. Vitamin C ini berfungsi sebagai pembentuk jaringan kolagen dalam mulut sekaligus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab infeksi, plak, dan gigi berlubang.

  4. Sayuran hijau

    Selain buah, sayuran hijau dapat memenuhi kebutuhan gizi balita karena mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi. Vitamin B yang terdapat pada sayuran hijau dapat membantu menyembuhkan luka pada gusi lebih cepat. Kalau si Kecil tak terlalu doyan mengonsumsi sayur, maka Ibu perlu mengolahnya menjadi sajian yang lebih menarik agar ia mau melahapnya.

  5. Teh hijau

    Tak hanya sayuran yang berwarna hijau, teh hijau pun cukup bermanfaat bagi gigi dan gusi lho, Bu. Teh hijau diperkaya polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab masalah pada gigi. Tak hanya itu, teh hijau juga memiliki kandungan fluoride yang dapat memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat memenuhi kebutuhan gizi balita untuk menjaga kesehatan gigi. Selain memenuhi gizi balita, kesehatan gigi si Kecil juga perlu dijaga dengan membatasi porsi makanan manis yang dikonsumsi serta memeriksakan giginya tiap 6 bulan sekali. Ayo Bu, dukung si Kecil untuk memperoleh gigi dan gusi yang sehat!