Share Like
Simpan

Umumnya, di usia balita, si Kecil sulit sekali diam. Namun, tentu ada beberapa anak yang tidak seaktif anak seusianya karena berbagai alasan. Padahal, beraktivitas dan banyak gerak sangat baik untuk perkembangan fisik anak lho, Bu. Lalu, bagaimana cara mengajak si Kecil agar tertarik beraktivitas? Berikut beberapa informasi berdasarkan pengalaman saya, Bu.

1. Ibu Ikut Bermain

Terkadang, anak enggan beraktivitas karena tidak ada yang menemani atau merasa tidak diperhatikan. Oleh karena itu, Ibu bisa menunda pekerjaan rumah beberapa saat ketika si Kecil mulai mengajak bermain. Tentunya, si Kecil akan lebih senang bila Ibu ikut berpartisipasi dalam kegiatannya.

2. Jadi Contoh

Biasanya, anak tidak berani beraktivitas fisik karena belum pernah melihat orang lain melakukannya. Saya sendiri harus mencontohkan aktivitas yang akan dilakukan sebelum mengajak si Kecil. Misalnya, saat ingin mengajak si Kecil membuat prakarya dari lilin mainan, saya mencoba membuatnya terlebih dulu. Bila melihat Ibu senang bermain, si Kecil akan tertarik mengikutinya.

3. Sediakan Ruangan dan Jenis Permainan

Ibu tidak perlu bingung mencari permainan yang tepat untuk aktivitas fisik si Kecil. Ibu bisa melakukan permainan sederhana, seperti meniru binatang, menari, atau petak umpet. Pastikan Ibu memberi ruang gerak yang cukup luas agar ia merasa leluasa. Pastikan juga ruangan tersebut aman untuk tempat bermain si Kecil.

4. Ajak si Kecil Memilih

Tentunya, Ibu sudah menyiapkan beberapa permainan fisik untuk si Kecil. Sebaiknya, saat akan bermain, pinta ia memilih aktivitas yang disukai. Hal ini penting untuk tumbuh kembang anak . Si Kecil akan merasa dihargai, bisa menentukan keinginan, dan berkreasi dengan pilihannya.

5. Ajak Orang Lain

Ibu bisa mengajak anggota keluarga atau teman si Kecil untuk bermain bersama. Selain menambah keseruan aktivitas, hal ini juga bisa membantu si Kecil untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Nah, setelah tahu caranya, Ibu tentu ingin tahu berapa lama waktu yang direkomendasikan untuk bermain bersama si Kecil. Dari artikel tumbuh kembang yang saya baca, si Kecil membutuhkan waktu rata-rata 60 menit/hari untuk beraktivitas fisik. Sekarang, Ibu sudah siap mengajak si Kecil beraktivitas fisik bukan?

O iya, selain untuk perkembangan fisik anak, aktivitas tersebut juga memengaruhi tumbuh kembang si Kecil secara sosial dan emosional, lho. Jadi, selamat mencoba, Bu!