Whatsapp Share Like
Simpan

Selain mengonsumsi makanan utama, bayi juga membutuhkan makanan pendamping berupa cemilan di sela waktu makannya. Tentunya cemilan bayi haruslah yang sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sayangnya, cemilan sehat yang dijual di pasaran biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Namun Ibu bisa saja membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Berikut saya berikan beberapa resep cemilan sehat dan enak dari olahan buah untuk anak yang sudah saya peroleh dari berbagai sumber:

Lolipop Pisang Warna-warni

Jika biasanya lolipop terbuat dari gula-gula, permen, dan bahan makanan lain yang identik dengan rasa manis yang kuat, lolipop yang satu ini agak berbeda karena terbuat dari pisang, Bu. Kaya akan Potasium, buah pisang juga membantu Ibu menyehatkan tulang dan gigi bayi dengan menjaganya tetap kuat dan padat. Berikut bahan dan alat yang diperlukan serta cara membuatnya:

Bahan:

  • 4 buah pisang
  • 500 gr coklat batang
  • air secukupnya
  • topping (bisa berupa meses atau coklat leleh warna warni) secukupnya

Alat:

  • pisau
  • 8 batang stik es krim
  • 1 buah piring saji

Cara membuat:

Artikel Sejenis

  1. Pertama-tama, kupas dan potong pisang menjadi dua bagian.
  2. Tusukkan setiap pisang ke stik es krim yang telah disediakan. 
  3. Lelehkan 500 gr coklat batang dengan cara ditim.
  4. Tunggu suhu coklat agak dingin. Setelah itu, celupkan tiap pisang ke dalam coklat leleh dan taburkan topping ke atasnya.
  5. Bila sudah, tata rapi di atas piring saji dan masukkan ke freezer hingga cokelat membeku.
  6. Lollipop Pisang pun siap disantap.

Bola Es Krim Semangka

Di balik rasanya yang menyegarkan dan proses pembuatannya yang mudah, resep cemilan sehat dari olahan buah untuk anak yang satu ini bisa membantu Ibu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, karena semangka mengandung vitamin A, B1, B6, dan vitamin C yang Ibu perlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Berikut bahan serta alat yang dibutuhkan dan cara membuatnya, Bu:

Bahan:

  • 1 buah semangka
  • 4 sendok takar susu bubuk rasa vanila (encerkan dengan 250 ml air, simpan di kulkas hingga dingin)

Alat:

  • 2 buah sendok koktail
  • gelas saji secukupnya

Cara membuat:

  1. Belah semangka menjadi dua bagian.
  2. Bentuk bola-bola kecil dari daging semangka.
  3. Tata dengan rapi bola-bola semangka tersebut di dalam gelas. Jika sudah selesai, masukkan ke freezer selama satu hingga dua jam.
  4. Setelah bola-bola semangka membeku, tuangkan susu yang sebelumnya sudah didinginkan ke masing-masing gelas saji.
  5. Bola Es Krim Semangka pun siap disantap.

Jelly Buah Warna Warni

Selain rasanya menyegarkan, menu ini tampil dengan warna-warna merah, kuning, dan hijau dari buah-buahan yang dapat menarik perhatian bayi. Bila bayi menyukai menu ini karena rasa dan tampilannya, saya punya alasan berbeda, Bu. Tak hanya karena rasa dan tampilannya yang penuh warna, saya menyukai menu ini karena dapat membantu saya mengoptimalkan perkembangan bayi lewat Vitamin A, Vitamin C, dan mineral penting yang terkandung dalam buah-buahan. Berikut bahan serta alat yang dibutuhkan serta langkah mudah membuatnya:

Bahan:

  • 1 sachet bubuk jelly kemasan berwarna bening
  • ¼ buah semangka
  • ¼ buah melon
  • ¼ buah pepaya
  • 2 buah pisang

Alat:

  • Pisau atau bisa juga gunakan cetakan kue kering bila ada.
  • Wadah, misalnya gelas bening ukuran sedang.

Cara membuat:

  1. Potong buah kecil-kecil atau jika Ibu memiliki cetakan, Ibu bisa mencetak buah menggunakan cetakan stainless steel beragam bentuk agar buah terlihat menarik.
  2. Bagi serbuk jelly menjadi dua bagian.
  3. Masak setengah bungkus jelly pertama dan tuangkan ke dalam wadah yang telah disiapkan.
  4. Masak jelly lapisan kedua.
  5. Saat jelly sudah mengeras, tata buah di atas lapisan pertama.
  6. Selanjutnya, tuangkan jelly lapisan kedua. Tunggu hingga mengeras dan dinginkan ke dalam kulkas.
  7. Jelly Buah Warna-warni pun siap disantap.

Mudah bukan resep cemilan sehat dari olahan buah untuk anak yang saya bagikan di atas, Bu? Membuat cemilan sendiri cemilan untuk bayi tentunya akan lebih higienis dan terjamin kesehatannya. Harganya pun jelas lebih terjangkau dan tidak akan menguras kantong. Dikarenakan gigi bayi masih sedikit dan ia belum pandai mengunyah, Ibu sebaiknya mendampingi ia saat makan cemilannya agar ia tidak tersedak, ya. Selamat mencoba resep di atas ya, Bu. Semoga buah hati makan dengan lahap dan nutrisinya pun tercukupi. 

Laman Tanya Pakar hadir bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak. Semua pertanyaan Ibu akan dijawab secara langsung oleh para ahlinya. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu, ya.