Share Like
Simpan

Selain menyuguhkan beragam makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, stimulasi yang tepat sesuai tahapan usianya juga perlu kita berikan agar perkembangan balita bisa berlangsung lebih optimal, Bu. Mengingat di usianya kini si Kecil cenderung suka meniru Ibu, stimulasi bisa Ibu berikan dengan mengajaknya terlibat dalam kegiatan yang Ibu kerjakan. Misalnya, saat Ibu membuat camilan sehat atau menu-menu pencuci mulut.

Sewaktu si Kecil berusia empat tahun, saya terbilang sering melakukan hal ini, Bu. Sebab, tak sekadar mendekatkan saya dan si Kecil secara emosional, momen berkreasi di dapur juga bisa saya manfaatkan untuk melatih motorik halus si Kecil lewat berbagai aktivitas, misalnya memegang gelas ukur atau menyendokkan gula/garam sesuai instruksi saya. Tiap kali saya mengajaknya memasak, si Kecil juga terlihat begitu antusias menikmati momen berkreasi. Terlebih bila yang kami buat adalah tiga menu kesukaannya berikut ini:

1. Lolipop Pisang Warna-warni

Jika biasanya lolipop terbuat dari gula-gula, permen, dan bahan makanan lain yang identik dengan rasa manis yang kuat, lolipop yang satu ini agak berbeda karena terbuat dari pisang, Bu. Kaya akan Potasium, buah pisang juga membantu Ibu menyehatkan tulang dan gigi si Kecil dengan menjaganya tetap kuat dan padat.
Berikut bahan dan alat yang diperlukan serta cara membuatnya:

Bahan:

- 4 buah pisang.
- 500 gr cokelat batang.
- Air secukupnya.
- Topping (bisa berupa meses atau cokelat leleh warna warni) secukupnya.

Alat:

- Pisau.
- 8 batang stik es krim.
- 1 buah piring saji.

Cara membuat:

- Pertama-tama, potong pisang menjadi dua bagian.
- Tusukkan setiap pisang ke stik es krim yang telah disediakan. Mengingat hal ini mudah, Ibu bisa meminta bantuan si Kecil untuk melakukannya.
- Lelehkan 500 gr cokelat batang dengan cara mengetimnya sembari menunggu si Kecil selesai melakukan tugasnya.
- Tunggu suhu cokelat agak dingin. Setelah itu, Ibu bisa mengajak si Kecil mencelupkan tiap pisang ke dalam cokelat leleh dan menaburkan topping ke atasnya. Bila sudah, tata rapi di atas piring saji dan masukkan ke freezer hingga cokelat membeku.

 

2. Bola Es Krim Semangka

Di balik rasanya yang menyegarkan dan proses pembuatannya yang mudah, menu yang satu ini bisa membantu Ibu mengoptimalkan tumbuh kembang balita karena semangka mengandung vitamin A, B1, B6, dan vitamin C yang Ibu perlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Berikut bahan serta alat yang dibutuhkan dan cara membuatnya, Bu:

Bahan:

- 1 buah semangka.
- 4 sendok takar susu Frisian Flag Karya rasa vanila, encerkan dengan 250 ml air, simpan di kulkas hingga dingin.

Alat:

- 2 buah sendok koktail.
- Gelas saji secukupnya.

Cara membuat:

- Belah semangka menjadi dua bagian.
- Berikan satu sendok koktail pada si kecil dan ajari ia membentuk bola-bola kecil dari daging semangka.
- Bersama si Kecil, tata dengan rapi bola-bola semangka tersebut di dalam gelas. Jika sudah selesai, masukkan ke freezer selama satu hingga dua jam.
- Setelah bola-bola semangka membeku, ajak si Kecil menuangkan Frisian Flag Karya rasa vanila yang sebelumnya sudah didinginkan ke masing-masing gelas saji. Bola Es Krim Semangka siap disantap.

 

3. Jelly Buah Warna Warni

Selain rasanya menyegarkan, menu ini tampil dengan warna-warna merah, kuning, dan hijau dari buah-buahan yang dapat menarik perhatian si Kecil. Bila si Kecil menyukai menu ini karena rasa dan tampilannya, saya punya alasan berbeda, Bu. Tak hanya karena rasa dan tampilannya yang penuh warna, saya menyukai menu ini karena dapat membantu saya mengoptimalkan perkembangan balita lewat Vitamin A, Vitamin C, dan mineral penting yang terkandung dalam buah-buahan .

Berikut bahan serta alat yang dibutuhkan serta langkah mudah membuatnya:

Bahan:

- 1 sachet bubuk jelly kemasan berwarna bening.
- ¼ buah semangka.
- ¼ buah melon.
- ¼ buah pepaya.
- 2 buah pisang.

Alat:

- Pisau atau bisa juga gunakan cetakan kue kering bila ada.
- Wadah, misalnya gelas bening ukuran sedang.


Cara membuat:

- Potong buah kecil-kecil atau jika ibu memiliki cetakan, Ibu bisa mencetak buah menggunakan cetakan stainless steel beragam bentuk agar buah terlihat menarik.
- Bagi serbuk jelly menjadi dua bagian.
- Masak setengah bungkus jelly pertama dan tuangkan ke dalam wadah yang telah disiapkan.
- Saat jelly sudah mengeras, mintalah bantuan si Kecil untuk menata buah di atasnya. Biarkan ia berkreasi sendiri, Bu. Sembari menunggu si Kecil selesai dan jelly lapisan pertama mengeras, manfaatkan waktu yang ada untuk memasak jelly lapisan kedua.
- Selanjutnya, tuangkan jelly lapisan kedua. Tunggu hingga mengeras dan dinginkan ke dalam kulkas.

Selain baik disajikan karena mengandung beragam nutrisi untuk mengoptimalkan kondisi kesehatan balita, proses pembuatannya juga dapat melatih kemampuan motorik halus si Kecil. Sebab, sewaktu membantu Ibu membuat hidangan tersebut, secara tidak langsung si Kecil melatih otot-ototnya untuk belajar menggenggam maupun menaburkan bahan-bahan yang diperlukan.

Supaya perkembangan balita bisa lebih optimal, Ibu disarankan memberikan segelas susu Frisian Flag Karya untuk si Kecil tiap pagi dan sore hari agar kebutuhan nutrisinya senantiasa tercukupi dan ia bisa berkarya lebih optimal.

Semangat terus mengajak si Kecil berkreasi dan berkarya lewat cara-cara yang menyenangkan ya, Bu!