Share Like
Simpan

Anak susah makan buah dan sayuran? Ibu tidak sendirian. Saya pun mengalaminya dengan wsi Kecil dulu. Namun, bukan berarti kita harus menyerah ya, Bu. Pasalnya, buah dan sayuran sangat penting bagi kebutuhan nutrisi balita. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyajikan sayur dan buah berbagai warna dalam satu piring untuk membuat si Kecil lebih tertarik menyantapnya. Maka dari itu, ada baiknya kita, para ibu, untuk lebih mengenal khasiat buah dan sayuran berdasarkan warnanya, Bu. Yuk, lihat kebaikan buah dan sayuran berdasarkan warnanya ini!

Warna merah

Buah dan sayur seperti apel, semangka, ceri, tomat, stroberi, atau bawang merah ini berperan penting untuk membuat si Kecil sehat. Ya, makanan berwarna merah ini berfungsi untuk melindungi pembuluh darah, tulang rawan, serabut otot, dan menjadi sumber viamin A dan E. Lebih dari itu, buah dan sayur berwarna merah dapat mencegah penyakit jantung lho, Bu.

Warna Oranye

Kebutuhan nutrisi si Kecil juga harus dipenuhi dengan sayur dan buah berwarna oranye, seperti wortel, pepaya, jeruk, mangga, ubi, labu kuning, dan lain-lain. Makanan-makanan ini mengandung zat-zat penting, seperti Alfa, Betakaroten serta Falkarinol yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu, sumber makanan berwarna oranye ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih, menjaga sistem imun tubuh, memaksimalkan fungsi otak, serta mempertajam kemampuan berpikir.

Warna hijau

Sayur dan buah berwarna hijau juga tak kalah sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, Bu. Bayam, asparagus, bunga kol, labu, kiwi, apel hijau, brokoli, dan paprika, bisa menjadi sumber makanan yang kaya akan serat , Vitamin, Antioksidan, Zat Besi, serta Asam Folat yang dibutuhkan bagi kesehatan balita. Fungsinya adalah membantu produksi sel darah merah, melepas sel racun dari hati dan aliran darah, serta menguatkan sel otak.

Warna kuning

Kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah berwarna kuning bisa Ibu dapatkan dari pisang, jagung manis, lemon dan nanas. Buah dan sayur berwarna kuning ini, ternyata dapat meningkatkan nafsu makan lho, Bu. Cocok sekali jika si Kecil termasuk anak susah makan. Fungsi makanan ini adalah mencegah risiko tumbuhnya sel kanker, dan vitamin A yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan produksi pigmen retina.

Warna ungu

Terong, kol ungu, anggur ungu, dan bit adalah beberapa contoh sayur dan buah berwarna ungu yang dapat turut menjaga kesehatan anak yang susah makan. Sumber makanan ini penting bagi si Kecil karena dapat membantu meningkatkan kemampuan melihat di malam hari. Selain itu, buah dan sayur berwarna ungu juga dapat mencegah segala bentuk peradangan

Warna putih

Agar kebutuhan nutrisi anak yang susah makan akan Kalsium terpenuhi, biasakan untuk memberikannya sayur dan buah berwarna putih. Beberapa pilihan sumber makanannya adalah sawi putih, tauge, sirsak, dan lobak. Selain itu, makanan berwarna ini juga kaya akan Vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh

Warna hitam

Banyak yang bilang bahwa sayur dan buah berwarna gelap berpotensi untuk membahayakan kesehatan tubuh. Namun, dari hasil konsultasi masalah anak yang saya lakukan dengan dokter, hal itu ternyata mitos belaka lho, Bu. Sayur dan buah berwarna hitam memang langka, namun baik khasiatnya untuk menjaga kesehatan si Kecil, karena dapat mencegah penyakit diabetes di kemudian hari. Sumber makanan pilihannya adalah jamur dan buah zaitun

Bagaimana, Bu? Sekarang, Ibu sudah tahu beragam khasiat dari buah dan sayuran berdasarkan warnanya. Kini, Ibu hanya perlu berkreasi dengan menu makanan si Kecil agar kebutuhan nutrisi anak susah makan tetap terpenuhi. Selamat mencoba!