Share Like
Simpan

Tahu kah Ibu bahwa ternyata si Kecil memiliki 8 jenis kecerdasan yang berperan penting dalam menyelesaikan setiap masalah dalam kehidupannya? Ya, teori mengenai kecerdasan multiple ini pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an atau awal 1980-an oleh seorang psikolog bernama Howard Gardner.

Kedelapan kecerdasan itu adalah :

Kecerdasan bahasa (lingual) : kemampuan untuk menguraikan informasi yang didapat ke dalam bentuk bahasa lisan maupun tulisan.

Kecerdasan logis-matematis : kemampuan untuk mengembangkan persamaan, berhitung dan menyelesaikan masalah abstrak.

Kecerdasan ruang (spasial) : kemampuan untuk mengenal dan memanipulasi gambaran-gambaran ruang (tiga dimensi) yang luas maupun yang sangat kecil.

Kecerdasan musik : kemampuan untuk mengingat dan menginterpretasikan berbagai pola suara, atau mengekspresikan dalam bentuk bunyi, nada, melodi, irama.

Kecerdasan kinetik tubuh : kemampuan untuk menggunakan/mengolah tubuhnya sendiri untuk menghasilkan sesuatu atau menyelesaikan masalah.

Kecerdasan alami (natural) : kemampuan untuk memahami dan memanfaatkan lingkungan, termasuk kemampuan untuk mengenali dan membedakan berbagai jenis tanaman, hewan, cuaca.

Kecerdasan interpersonal : kemampuan untuk mengenali dan memahami suasana hati, keinginan, motivasi dan niat/maksud orang lain, sehingga dapat melakukan penyesuaian dengan orang tersebut.

Kecerdasan intrapersonal : kemampuan untuk memahami dan mengenali diri sendiri, apa yang dapat dan ingin dilakukan.

Tugas Ibu adalah memberikan rangsangan untuk mengasah dan membimbing berbagai kecerdasan tersebut, sehingga si Kecil dapat tumbuh, berkembang dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya seoptimal mungkin.